Akibat Gempa, MotoGP Jepang Ditunda Hingga Oktober

0
44

.TOKYO – Gempa berkekuatan 8.9 skala richter yang disusul dengan gelombang tsunami ternyata membawa dampak buruk juga bagi kelangsungan MotoGP.

Panitia musim balap 2011 mengumumkan jadwal MotoGP Jepang untuk tahun ini akan ditunda setelah bencana alam yang menghantam sebagian wilayah Negeri Sakura itu pekan lalu.

Juru Bicara International Motorcycling Federation (FIM) menegaskan MotoGP Jepang akan ditunda hingga pekan pertama Oktober mendatang dari jadwal semula yang rencananya diselenggarakan pada 24 April 2011.

Artinya urutan jadwal balap MotoGP berubah menjadi: Qatar (20 Maret), Spanyol (3 April), Portugal (1 Mei), Prancis (15 Mei), Catalunya (5 Juni), Great Britain (12 Juni), Belanda (25 Juni), Italia (3 Juli), Jerman (17 Juli), AS (24 Juli), Ceko (14 Agustus), Indianapolis (28 Agustus), San Marino (4 September), Aragon (18 September), Jepang (2 Oktober), Australia (16 Oktober), Malaysia (23 Oktober), dan Valencia (6 November). Demikain dikutip dari Autosport, Rabu (16/3/2011).

Jadwal ini memang masih tentatif, jadi bisa saja FIM merombak kembali jadwal penyelenggaraan MotoGP dengan melihat keadaan di negara-masing-masing yang akan menjadi tuan tumah penyelenggaraan MotoGP 2011.

Jika gelaran di Motegi, Jepang ini ditunda, maka kejadian tersebut merupakan kali kedua penundaan MotoGP Jepang. Tahun lalu balapan juga ditunda dari April menjadi Oktober karena abu vulkanik yang mempengaruhi perjalanan udara di Eropa.

(berbagai sumber)

SHARE