Apa yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Berjalan?

0
33

.Selama ini kita sudah mengetahui khasiat kesehatan apa saja yang bisa kita didapatkan dengan rutin melangkahkan kedua kaki. Agar semakin sayang dengan olahraga simpel ini, berikut informasi mengenai apa yang terjadi pada tubuh kita menit per menit pada saat melakukan olahraga berjalan kaki.

00.01 – 00.05
Langkah kaki pertama kita akan memicu pelepasan zat kimia membuat energi dalam sel yang merupakan ‘bensin’ untuk langkah-langkah  kaki selanjutnya. Detak jantung kita akan mengalami peningkatan dari 70 ke 100 denyut jantung per menit, dan akan membuat peredaran darah semakin lancar serta sebagai proses pemanasan pada otot-otot. Tidak hanya itu, agar tidak terjadi kekakuan, sendi akan mengeluarkan cairan pelumas yang membantu kita mampu bergerak lebih leluasa.

Dengan membuat tubuh kita tetap bergerak, tubuh akan membakar 5 kalori per menit. Setidaknya lebih baik jika dibandingkan dengan hanya berdiam diri selama 5 menit. Supaya tubuh bisa tetap bergerak, kita memerlukan bahan bakar yang diambil dari  persediaan karbohidrat serta lemak.

00.06 – 00.10
Denyut jantung meningkat dari 100 hingga 140 denyut per menit, dan kita akan membakar lebih dari 6 kalori per menit ketika kecepatan jalan kita meningkat. Naiknya tekanan darah secara perlahan akan diikuti dengan pelepasan zat kimia yang akan membesarkan pembuluh darah dan membawa persediaan darah serta oksigen untuk kerja otot.

00.11 – 00.20
Suhu tubuh kita akan tetap mengalami peningkatan, dan kita mulai akan berkeringat sebagai tanda pembuluh darah dekat kulit membesar, untuk melepaskan panas. Jika sudah melakukan jalan cepat, kita mampu membakar 7 kalori per menit dan bernapas lebih sulit. Selain itu, juga akan terjadi peningkatan hormon epinephrine dan glucagon yang bisa melepaskan bakan bakar untuk otot.

00.21 – 00.45
Merasa lebih segar, kita mulai rileks berbarengan dengan tubuh yang juga melepasakan segala ketegangan yang ada. Ini semua merupakan peran serta dari endorphin dalam otak kita. Semakin banyak jumlah lemak yang terbakar, maka akan mebuat kadar insulin menurun. Dan hal ini merupakan berita yang sangat baik untuk setipa orang yang sedang berjuang dalam mengurangi bobot tubuh ataupun diabetes.

00.46 – 01.00
Otot kita akan mengalami keletihan sebab persedian karbohidrat mengalami penurunan. Ketika mulai melakuan pendinginan, denyut jantung akan menurun dan napas semakin lambat. Kita akan membakar lemak lebih sedikit, namun lebih banyak dari sebelum kita memulai berjalan. Pembakaran kalori akan tetap tinggi hingga selama 1 jam.

Sudah tau kan apa yang terjadi di dalam tubuh ketika mulai melangkahkan kaki. Jadi jangan malas untuk berjalan, dan memilih berdiam diri di dalam rumah.

(berbagai sumber)

SHARE