Ayo Cintai Makanan Pedas

0
63

.Menyantap makanan pedas ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, sebuah studi baru menemukan bahan aktif yang memberi rasa panas dalam cabai atau dikenal dengan capsaicin berfungsi mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.

Riset ilmuwan dari Universitas Medis Militer Cina memberi diet kaya capsaicin yang banyak ditemukan dalam cabai pada tikus hipertensi. Diet ini mengurangi tekanan darah tikus secara bertahap, seperti dilaporkan dalam jurnal Cell Metabolism yang dilansir Daily Mail.

Bahan capsaicin bekerja dengan mengaktifkan saluran reseptor pada pembuluh darah. Senyawa akan meningkatkan produksi oksida nitrat, molekul gas yang melindungi pembuluh darah terhadap inflamasi dan disfungsi.

Para peneliti mengatakan studi lebih lanjut akan diperlukan untuk melihat berapa jumlah cabai yang harus dimakan tiap hari agar berdampak positif pada manusia.

Profesor Zhiming Zhu, yang memimpin penelitian, mencatat hipertensi mempengaruhi lebih dari 20 persen orang di Cina utara-timur. Sedangkan di Cina bagian selatan-barat yang memiliki kebiasaan makan menu makanan pedas hanya mencapai 10-14 persen. Di Inggris, terdapat satu pengidap hipertensi di antara tiga orang dewasa.

Bagi Anda yang tidak doyan pedas, ayo mulai latih lidah agar terbiasa makan cabai untuk membantu menurunkan tekanan darah.

(berbagai sumber)

SHARE