Balita dan Remaja Serupa!

0
25

.Balita dan remaja memiliki banyak kesamaan yang mungkin tidak disadari oleh orangtua. Baik balita maupun remaja sama-sama mengalami perkembangan yang melibatkan rekrontruksi besar pada otak.

Otak seorang anak berumur satu tahun dengan anak 13 tahun sama-sama kelebihan produksi sinapsis titik-titik penghubung di otak. Beberapa tahun kemudia, sinapsis-sinapsis tersebut dipotong kembali meninggalkan sinapsis yang paling sering digunakan. Sinapsis yang tetap di tempatnya nanti akan dilapisi mielin untuk memaksimalkan kerja mereka.

Saaat-saat seperti inilah anak balita dan remaja sama-sama aktif dan siap mempelajari hal yang berat. Balita akan mulai belajar mengenai banyak bahasa baru. Sedang remaja akan disibukkan dengan olahraga-olahraga berar dan rumit. Masing-masing aktifitas membutuhkan kemampuan tinggi. Sebagai orangtua Anda harus bisa melihat kesempatan baik ini. Dukung balita Anda untuk bisa berinteraksi secara alami dengan lingkungan sosialnya (teman sebaya dan orangtua) serta meminta anak remaja Anda untuk bangkit dari sofa, komputer, dan segera melakukan sosialisasi sehat secara nyata.

Selain itu kedua anak yang berbeda usia tersebut akan sama-sama menuntut kebebasan. Balita mulai menguji kesabaran Anda dan merasa hal tersebut menyenangkan. Ia menjadi pemilih terhadap makanan yang diberikan kepadanya. Tidak hanya itu, si kecil menolak tidur sesuai jam tidur anak seusianya. Begitu pula dengan anak remaja. Anak yang tadinya menyenangkan, kini menjadi moody, suka membantah, dan masih banyak hal mengesalkan lainnya. Semua dilakukannya karena ia ingin menguji seberapa jauh orangtua akan ‘membiarkannya’.

Hal ini berlanjut dengan penggunaan kata ‘tidak’ oleh balita yang menolak seluruh perintah Anda dan kata ‘terserah’ dari anak remaja yang mendengarkan nasihat dari orangtua.

Menggemaskan? Mengesalkan? Apapun itu, jika Anda sudah pernah berhasil membesarkan anak melewati fase balitanya dengan baik, maka Anda harus optimis juga akan bisa melewati fase remaja sang buah hati. Toh, karakter mereka serupa.

(Berbagai sumber)

SHARE