Bye Bye Stomachache!

0
61

.Ternyata wanita lebih sering mengeluh sakit perut dibandingkan pria. Hal ini karena kondisi perut wanita lebih sensitif dibandingkan laki-laki. Para ahli bahkan menyebutkan, ini ada kaitannya dengan fluktuasi hormon yang terjadi setiap bulannya. Tapi tak perlu cemas, karena pada dasarnya keluhan di perut tergolong mudah diatasi.

Bahkan Ron Palmon, MD., ahli gastroenterologi dari Mount Sinai Medical Center di New York, membantuk kita mengatasi berbagai gangguan perut dengan solusi alami berikut:

Diare

Cegah dengan : Kurangi gula. Terutama pemanis buatan seperti sorbitol yang punya efek laktasif (pencahar) pada sebagian orang, terutama dalam dosis besar.

Solusi Alami : Minum 1-2 cangkir teh hitam tanpa gula. Riset menunjukkan kandungan tanin dan flavonoid pada teh hitam dapat meredam aktivitas usus yang terlalu aktif, serta melawan mikroba penyebab diare. “Agar tidak dehidrasi, hindari mengonsumsi minuman manis dan soft drin,” ucap Ashley Koff, penulis bukku Recipes for IBS. Sebaiknya, minum air putih yang cukup, air kelapa (sumber elektrolit yang baik), atau teh herbal.

Kembung

Cegah dengan : Batasi konsumsi makanan yang sulit dicerna. Misalnya, produk olahan susu, makanan yang ditambahi pemanis buatan, soft drinks, serta sayuran jenis brokoli, bawang bombay, serta kubis. Semua sayuran itu mengandung pemanis alami oligosaccharide yang sulit dicerna.

Solusi Alami : Minum secangkir teh hijau atau jus cranberry. Keduanya dipercaya sebagai pilihan paling aman untuk mengatasi perut kembung. Ditambah juga dengan rajin berolahraga. Studi yang diterbitkan di American Journal of Gastroenterology menunjukkan, pasien gangguan saluran cerna, seperti IBS (Irritable Bowel Syndrome), bisa menurunkan gejala perut kembunng hanya dengan rajin mengayuh sepeda.

Mual

Cegah dengan : Hindari mengonsumsi makanan yang baru selesai dimasak. Tunggu selama beberapa menit sampai aroma masakan sedikit berkurang. Makanan yang masih hangat biasanya mengeluarkan aroma yang sangat kuat. Ini bisa merangsang perut jadi mual.

Solusi Alami : Hisap aroma air rebusan jahe atau mint. Atau, masakan yang beraroma asam. “Penelitian membuktikan, jahe dan mint efektif dalam mengatasi rasa mual yang sering dialami ibu hamil atau pasien kemoterapi,” tambah Gerard E.Mullin, MD., dari Johns Hopkins University School of Medicine

Biasakan untuk tidak langsung mengkonsumsi obat, ketika keluhan perut datang.

(berbagai sumber)

SHARE