Jauhi Makanan Penyebab Kantuk

0
50

.Secara umum kalau kita makan secara berlebihan, organ tubuh bekerja dua kali lipat dari biasanya dan akibat kelelahan, otak pun memerintahkan tubuh untuk beristirahat agar mengembalikan energi yang terpakai.

Dampaknya adalah mata menjadi terasa mengantuk dan kepala rasanya ingin sekali diletakkan di atas bantal yang empuk.  Nah untuk kondisi makan dengan porsi normal, sebaiknya hindari mengkonsumsi 5 lima henis makanan yang mengakibatkan mengantuk berat dan menguap tiada hentinya berikut ini.

1. Sarapan manis-manis
Gula dan karbohidrat sederhana mungkin bisa meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya juga dengan cepat. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap guna mendapatkan oksigen lebih banyak, untuk pembakaran energi. Hindari makanan manis seperti donat atau kue-kue manis lainnya karena bisa menurunkan produksi zat kimia dalam otak yang berfungsi membuatnya tetap ‘menyala’.

2. Minuman berenergi
Minuman khusus seperti ini biasanya mangandung gula tinggi dan juga kafein. Beberapa lama setelah minum, gula darah kembali turun dan menyebabkan kehausan dan tenaga kosong. Lebih baik konsumsi air putih jika lain kali kehausan daripada minum minuman penambah energi tapi jadi malas dan mengantuk.

3. Makanan berlemak
Teorinya sederhana, lemak lebih susah dicerna. Organ pencernaan membutuhkan waktu 6-8 jam untuk mencernanya. Oleh karena itu jika tubuh tidak punya persediaan energi yang lain kemungkinan Anda akan merasa lemas dan mengantuk. Makanan berlemak juga diketahui bisa menyebabkan kemampuan mengingat berkurang.

4. Makanan rendah zat besi
Zat besi adalah zat pembangun energi dan kalori. Anda akan merasa lelah jika kekurangan zat tersebut. Konsumsi paha ayam lebih baik dalam meningkatkan zat besi ketimbang bagian dadanya. Daging merah juga tinggi zat besi tapi lebih banyak kolesterol. Labu juga diketahui mengandung zat besi tinggi yang bisa dimakan sebagai camilan di sore hari.

5. Anggur merah
Segelas anggur ketika makan malam mungkin terdengar enak bagi sebagian orang. Tapi asal tahu saja, alkohol bisa menyerap energi dari tubuh karena mengandung melatonin yang tinggi, yaitu hormon yang memproduksi rasa kantuk. Tapi jangan pernah gunakan alkohol sebagai obat tidur, cobalah susu untuk menggantinya.

Kini, Anda harus lebih teliti memilih makanan, jangan sampai dipecat karena tertidur di ruang rapat ya..

(berbagai sumber)

SHARE