No More Worries on X-Ray!

0
35

.Banyak orang yang was-was ketika masuk full-body scanner di bandara, karena semua anggota tubuh kita akan terlihat oleh monitor.

Steve Bradshaw, 54 tahun, menemukan (atau lebih tepatnya membuat) sebuah celana dalam dan rompi -untuk pria dan wanita- yang dilindungi dengan cat khusus terbuat dari campuran metal dan kaca.

Sang pembuat t-shirt menyakini bahwa scanner masih akan membaca benda-benda berbahaya seperti, senjata, pisau dan peledak meskipun kita menggunakan celana dalam tersebut.

Dia terinspirasi membuat pakaian tersebut sejak kejadian di bandara Manchester awal tahun ini. Steve menolak masuk ke scanner karena bisa terlihat polos tanpa busana.

Saat itu, ayah satu anak ini sedang menuju Madeira, bahkan dia sampai ketinggalan penerbangan. Staf keamanan ini mengatakan bahwa pakaian dalam ini mengandung bahan-bahan yang mempunyai frekwensi berbeda dengan gelombang scanner. Bahan catnya terdiri dari barium sulfat, aluminium, serbuk kaca dan bahan lain.

Steve sudah berpengalaman selama 35 tahun di percetakan sehingga dia tahu banyak tentang tinta dan bahan-bahannya. Sampai akhirnya dia berhasil membuat lapisan terbuat dari tinta plastik, sehingga memantul kembali jika di x-ray. Benda berbahaya sebesar apapun akan terlihat di layar berkat gambar kecil pada rancangannya.

Meksipun Steve belum mengetes celana dalamnya di bandara, tapi dia sudah mengajukan izin kepada Departemen Transportasi. Petugas pemerintah menjawab, bahwa tidak akan memberikan izin, tapi hambatan kecil ini tidak akan menghentikan Steve untuk mengembangkan rancangannya.

Inggris dan Amerika memang menggunakan scanner ini, tidak sedikit orang yang menolak diperiksa.

Hmm, apakah ini juga terjadi di Indonesia? Bila iya, apakah Anda bersedia masuk ke scanner?

(Berbagai sumber)

SHARE