RIP Microsoft Zune Media Player (2006-2011)

0
39

.Pemutar media Zune di’mati’kan oleh Microsoft. Anda sudah tidak bisa lagi membeli hardware teranyarnya. Rupanya Microsoft ingin fokus kepada fungsi Zune untuk platform Windows Phone 7.

Di Amerika sendiri, iPod masih memegang posisi sebagai pemutar media terlaris. Kemunculan Zune rupanya tidak mampu melibas penjualan iPod. Sejak keluarnya Zune HD pada tahun 2009 tidak ada upgrade piranti lunak. Kesimpulannya, Zune kurang peminat. Warga Amerika masih lebih memilih iPod keluaran Apple.

Apalagi dengan kehadiran iPod Touch yang disebut sebagai iPhone tanpa fungsi telepon juga menjadi alasan Zune semakin kurang diminati. Selain itu, iPod Touch memiliki ratusan ribu aplikasi yang siap digunakan.

Ini bukan pertama kalinya Microsoft alami kejadian memilukan ini. Sebelumnya perusahaan piranti terbesar ini pernah mengeluarkan ponsel, Microsoft Kin. Meskipun layanan Zune tetap disediakan dan diperbarui melalui OS mobile Windows Phone 7 serta kerjasamanya dengan produsen asal Finlandia, Nokia.

Belum lama ini, Microsoft dikabarkan tengah mengembangkan proyek bernama Ventura, yang disebut-sebut sebagai layanan musik dan video berbasis web seperti Pandora.

Selamat tinggal Microsoft Zune.

(Berbagai sumber)

SHARE