Treat Your Long Hair Like A Bestfriend

0
34

.Kembalinya era 1970-an adalah salah satu penyebab rambut panjang kembali ke jajaran tertinggi tren gaya rambut terkini. Jika anda memiliki rambut bob sebahu, tak ada salahnya anda membiarkannya tumbuh lebih panjang selama musim semi ini. Untuk anda yang sudah memiliki rambut panjang selama bertahun-tahun, sebaiknya tunda keingingan anda untuk memangkasnya menjadi potongan pixie yang edgy, karena dengan sedikit kesabaran dan ketelitian, anda akan mendapatkan rambut panjang yang tetap sehat, bebas kerusakan dan sesuai dengan yang anda impikan.

1. Rajin melakukan trim di salon. Jangan biarkan ujung-ujung rambut anda tampak suram lebih dari 8 minggu. Ketika anda menyadari rambut anda mulai kusut, kemerahan atau bercabang, merapikan ujung-ujungnya adalah cara paling baik.

2. Pilih shampoo dan conditioner yang sesuai dengan tipe rambut : normal, kering atau berminyak dan kombinasi. Setiap tekstur rambut seperti lurus, gelombang atau keriting juga mempunyai produk masing-masing. Jangan mudah tergoda iklan dan bertahanlah dengan shampoo yang paling sesuai dengan rambut anda. Conditioner dari merk yang sama juga penting untuk diperhatikan, karena memilih shampoo dan conditioner dari satu merk akan menghindari percampuran komposisi bahan dan menjaga rambut tetap dalam kondisi yang baik. Gunakan conditioner setelah mengenakan shampoo mulai dari bagian tengah hingga ujung rambut agar kulit kepala tidak mudah lepek dan berminyak.

3. Cuci rambut anda dengan teknik yang tepat.
Untuk anda yang kerap beraktivitas di luar ruangan, memiliki rambut berminyak dan tipis, sebaiknya keramas setiap hari atau dua hari sekali dengan shampoo yang mengandung bahan-bahan alami. Untuk anda yang memiliki rambut tebal dan berat, tiga hari sekali adalah waktu yang pas. Gunakan jari-jari anda untuk memijat kulit kepala selama keramas, biarkan selama 5 menit agar shampoo membersihkan kotoran dengan seksama. Setelah selesai, bilas secara menyeluruh dengan hati-hati untuk menghindari sisa kotoran yang menyebabkan ketombe. Gunakan conditioner selama 1 menit, lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, sangat disarankan untuk menggunakan masker rambut setiap seminggu sekali agar rambut terjaga kilau dan kelembutannya. Ketika sedang tidak keramas, gunakan dry shampoo untuk menjaga rambut tampak bebas minyak dan tetap segar.

4. Jangan gunakan terlalu panyak produk penataan rambut. Hanya karena anda merasa mampu untuk merawat rambut anda ke salon mahal, bukan berarti anda boleh menggunakan hair-dryer, flat iron, curling iron dan menambahkan hairspray, hairshine serta mousse setiap hari. Jika anda ingin rambut tetap lembut, anda dapat menggunakan hair serum atau leave in conditioner, tapi aplikasikan hanya pada bagian ujung-ujung rambut. Hindari kulit kepala anda dari produk-produk keras yang mengandung bahan kimia karena akan memancing produksi sebum lebih banyak sehingga membuat rambut terlihat lusuh dan tak menarik.

5. Jangan menyisir atau menyikat rambut terlalu sering. Gunakan sisir bergigi jarang untuk memisahkan helaian rambut anda saat masih basah dan biarkan kering sebelum menatanya. Untuk mengurangi penggunaan hairdryer yang merusak rambut, bungkus kepala anda dengan handuk selama 10-15 menit setelah keramas. Setelah kering, gunakan sisir kecil bergigi rapat untuk rambut lurus, dan gunakan sikat bulat dengan gigi yang lembut untuk rambut keriting. Cara ini akan meminimalisir kerontokan dan kerusakan rambut.

(Berbagai sumber)

SHARE