Benarkah Ginkgo Biloba Penyelamat Otak?

0
55

.Sudah bertahun-tahun lamanya, Ginkgo biloba diidentikan sebagai penyelamat masalah penurunan fungsi kognisi otak. Tapi sebuah penelitian terbaru, justru mementahkan semua klaim itu.

“Ginkgo biloba, menjadi sangat laku di pasaran karena mampu mencegah dan menyembuhkan gangguan pada otak seperti kepikunan, bahkan Alzheimer. Itu mengapa penggunaannya sebagai obat herbal, sudah menyebar hingga ke seluruh dunia untuk menyelamatkan para lansia (lanjut usia) dari penurunan daya ingat,” Beth E. Snitz, PhD dari University of Pittsburgh memamparkan.

Kenyataan inilah yang kemudian membuat Snitz beserta timnya melakukan uji klinis terhadap bahan herbal tersebut. Uji klinis dilakukan terhadap 3.069 lansia yang tidak mengalami gangguan kognisi dan yang mengalami gangguan kognisi ringan. Rentang usia mereka adalah 72-96 tahun yang kemudian dibagi dalam beberapa kelompok.

Kelompok pertama diberikan 120 mg ekstrak Ginkgo biloba, sehari dua kali. Kelompok kedua diberikan plasebo atau Ginkgo biloba kosong. Dan para responden menyakini apa yang mereka makan adalah ekstrak Ginkgo biloba, padahal di dalamnya tidak terdapat apa-apa.

Mereka kemudian diamati mulai dari tahun 2000 hingga 2008 dan diberikan serangkaian uji coba. Dan hasilnya, tidak ada perubahaan signifikan pada kelompok yang mendapat ekstra asli Ginkgo biloba pada fungsi kognitif mereka. Baik dari sisi kemampuan daya ingat, berbahasa, visualisasi, maupun pusat perhatian mereka tetap mengikuti pertambahan usia yang dijalani.

Selain tidak berpengaruh pada lansia, fakta lainnya yang juga ditemukan adalah efektivitas Ginkgo biloba semakin menurun seiring dengan pertambahan usia kita. Karena merasa kaget dengan hasil penelitian yang dilakukannya, Snitz kemudian memperkecil jumlah responden.

Hasilnya tetap sama, tak ada perubahan yang signifikan ketika responden diberikan ramuan herbal tersebut. “Baik diposisikan sebagai pencegahan maupun untuk proses penyembuhan, Ginkgo biloba ternyata tidak banyak bekerja pada otak,” Snitz menegaskan.

(berbagai sumber)

SHARE