Feeling the Flow of Yamamoto

0
31

.Hingga tanggal 10 April nanti museum Victoria & Albert di London akan menggelar pameran bertema retrospeksi tiga puluh tahun karya Yohji Yamamoto, salah satu perancang busana paling berpengaruh dan misterius yang telah memberikan sumbangan vital bagi perkembangan industri fashion melalui garis desainnya yang avant-garde dan menantang norma bentuk pakaian tradisional.

Pameran solo pertamanya di Inggris ini akan ditempatkan dalam Galeri 38 dan menampilkan lebih dari 80 koleksi pakaian perempuan dan pria yang paling representatif dari karyanya.

Yamamoto mendapatkan keahliannya dari ibunya yang seorang penjahit, kemudian mempertajamnya dengan menimba ilmu di Bunka Fashion College di Tokyo.

Koleksi pakaian yang akan menjadi salah satu penanda 30 tahun perjalanan desainnya semenjak pertama kali menunjukkan koleksinya di Paris ini akan dipamerkan tanpa pembatas kaca, sehingga para pengunjung dapat menyentuh dan membelai masing-masing pakaian dengan sepenuh jiwa. Keuntungan dari melihat pakaian dari dekat, dan bahkan dapat menyentuhnya, adalah untuk memancing rasa penghargaan atas proses pengerjaan berbagai gaun dan pakaian yang ditandai secara khusus  melalui peninggalan ruang dan rongga yang memisahkan antara tubuh dan garmen.

Sementara itu berbagai dokumentasi pertunjukan fashion show dan karya yang memiliki resonansi khusus akan ditampilkan melalui layar multimedia, sebagai timeline sempurna bagi kiprahnya. Proyek kolaborasi visual spesial ini akan melibatkan nama-nama seperti Max Vadukul, Paolo Roversi, Nick Knight, hingga art director Marc Ascoli.

Di London juga akan digelar dua kegiatan berbau Yohji Yamamoto lainnya, antara lain pembukaan toko flagship Y-3 terbaru di Conduit Street yang akan merayakan kelanggengan kolaborasi Yohji Yamamoto dengan olahraga raksasa, Adidas. Sedangkan di kawasan South London akan digelar pameran foto ?Yohji?s Women? (sampai tanggal 14 Mei) di Wapping Project Bankside Galleries, serta Wapping Hydraulic Power Station yang akan memamerkan koleksi gaun pengantin crinoline dari koleksi tahun 1998 yang terkenal, menggantung di atas air hingga tanggal 14 Juli nanti.

(Berbagai sumber)

SHARE