Melancarkan Metabolime Tubuh Itu Penting!

0
60

.Air es yang katanya dapat membuat gemuk ternyata memudahkan metabolisme tubuh. Ingatkah dulu saat masih remaja dan berusia sekitar 20-an, Anda dapat mengonsumsi apa saja yang Anda mau tanpa takut berat badan naik? Sekarang dengan usia semakin bertambah, hal itu sulit terjadi lagi.

Kemungkinan besar ini disebabkan oleh metabolisme tubuh yang kurang lancar karena faktor usia. Namun, jangan khawatir! Ada jalan keluar tepat untuk mengatasi masalah ini:

1. Minum air dingin atau air es ternyata dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Penemuan kesehatan menyimpulkan bahwa Anda dapat membakar kalori hingga 70 kalori ekstra per hari jika meminum setidaknya 8 gelas air dingin dalam sehari.

2. Beri jeda saat berolahraga. Penelitian di Australia membuktikan bahwa wanita yang memberi jeda saat berolahraga kehilangan lemak tiga kali lebih banyak daripada mereka yang tidak beristirahat sama sekali.

3. Kafein ternyata dapat meningkatkan metabolisme. Sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian bahwa peminum kopi memiliki 16% metabolisme yang lebih lancar. Kandungan kafein membuat kinerja jantung lebih baik serta menstimulasi syaraf pusat Anda.

4. Sarapan dengan makanan yang “berat”. Telur atau daging bisa jadi pilihan tepat untuk memulai hari Anda. Penelitian terbaru menemukan bahwa sarapan makanan yang berlemak akan mempercepat metabolisme daripada makanan yang rendah lemak atau rendah kalori.

American Journal of Epidemiology juga mengemukakan bahwa orang yang mengonsumsi 22-55% dari total kalori saat sarapan, berat badannya hanya naik sekitar 0,7 kg saja dalam 4 tahun. Tidak terlalu buruk bukan, mengingat orang yang mengonsumsi 0-11% kalori di pagi hari mendapati berat badan mereka naik sebanyak 1,5 kg.

5. Minum teh hijau secara rutin. Teh hijau tak hanya kaya akan antioksidan, namun melancarkan metabolisme Anda. Para peneliti menemukan bahwa orang dengan konsumsi teh hijau rutin sebanyak 3-5 cangkir sehari selama 3 bulan akan kehilangan berat badan mereka sebanyak 5%.

6. Hindari mengonsumsi olahan susu terlalu banyak. Kalau bisa pilih yang rendah lemak saja.

Tidak khawatir lagi dengan metabolisme tubuh yang kurang lancar kan? Lakukan tips di atas dan musnahkan lemak yang mengganggu penampilan.

(berbagai sumber)

SHARE