Ole! Menara Manusia Catalonia

0
35

.Tak ada yang tahu secara pasti kapan tradisi ini dimulai, namun konon disuatu masa di abad ke-18 ada seorang penduduk Valls, dekat kota Tarragona di kawasan Catalonia, yang beobsesi memiliki sebuah puri (Castell kalo sebutan orang-orang Catalonia). Meskipun dia bukan seorang arsitek ataupun insinyur, itu tidak masalah karena menara yang menjadi obsesinya adalah menara manusia.

Obsesi ini dengan cepat menular, menyebar ke seluruh pelosok Catalonia, bahkan sampai Majorca, dan menjadi sebuah tradisi turun temurun yang kini bisa kembali dinikmati setelah beberapa lama sempat dilarang dilakukan semasa kepemimpinan Jenderal Franco. Meskipun tradisi ini populer hampir di seluruh bagian Spanyol, namun Anda harus pergi ke tempat kelahirannya, yaitu di kawasan Catalonia yang terdiri dari provinsi Barcelona, Girona, Lleida dan Tarragona, untuk menemukan para casteller paling terampil di Spanyol.

Ketika seorang enxaneta, orang yang bertugas memanjat ke bagian paling atas dari bangunan menara manusia ini, mengangkat tangannya dan merentangkan jarinya di udara dengan bangga, maka menara manusia ini dinyatakan selesai pembuatannya. Jari yang terentang bangga diudara merupakan wakil bagi garis-garis pada bendera bangsa Catalan.

Setelah itu sang enxaneta bisa turun, yang kemudian diikuti oleh para casteller lainnya sesuai urutan hingga semua sampai di bawah, selamat dan menyentuh tanah. Sama seperti dasar konstruksi bangunan lainnya, bangunan menara manusia inipun juga mensyaratkan pondasi yang kuat dari para pinya, atau orang-orang (yang sebagian besar biasanya pria) yang bertugas menjadi dasar pijakan menara manusia ini.

Castell setinggi empat atau lima manusia adalah sesuatu yang biasa karena rekor yang tercatat saat ini adalah bangunan castell setinggi tujuh lapis manusia. Bayangkan betapa besar beban dan berat yang harus ditanggung oleh para pinya ini. Mereka tak hanya menanggung beban berat badan, namun juga keselamatan dan keamanan mereka yang berada diatasnya.

Celana panjang putih (seperti yang dikenakan oleh para karateka atau capoeira), bandana, baju berwarna yang kadang juga dihiasi lambang tim, serta sebuah sabuk kain super panjang warna hitam yang melilit pinggang adalah seragam para casteller. Para pendaki yang bertelanjang kaki memanfaatkan ikat pinggang hitam, atau yang dikenal sebagai faixa, ini sebagai pijakan dan pegangan dalam pendakian mereka. Panjang kainnya sendiri seringkali bergantung pada dimana posisi seorang casteller. Semakin tinggi mereka pergi, maka biasanya faixa yang melilit pinggangnya akan cenderung lebih pendek. Untuk para pinya, tentu saja faixa yang mereka kenakan adalah yang paling panjang.

Meskipun terdengar dan terlihat mengandung resiko yang sangat besar, ternyata dalam tiga puluh tahun belakangan ini hanya terjadi dua kasus kematian yang disebabkan oleh aktifitas ini. Sebuah bukti kerjasama yang luar biasa dari anggota tim dalam memastikan keamanan bersama semua orang.

Lalu, apa kriteria yang dicari dari seorang casteller sejati? Kekuatan, keseimbangan, keberanian dan akal (atau forca, equilibri, valor i sen dalam bahasa Catalan) adalah prasyarat utama bagi para casteller ini.

Jika Anda berkunjung ke wilayah Catalonia di Spanyol dan ingin melihat atau membantu membangun sebuah castell, carilah sebuah festival dan berpartisipasilah di dalam kemeriahannya. Beberapa festival mendatang yang akan berlangsung di Barcelona antara lain:

20 Maret: Festival Santa Madrona, berlokasi di Placa Santa Madrona
10 April: Festival Diada Independencia de Gracia, berlokasi di Placa de la Revo-Lucio
29 Mei: Perayaan HUT pertama Poble Sec Club yang berlokasi di Passeig de Montjuic
19 Juni: Perayaan HUT ke-42 tim Castellers de Barcelona, berlokasi di Plasa Sant Jaume
17 Juli: Festival Festa Mayor in the Raval, berlokasi di Rambla del Raval
24 September: Festival Merce di Placa Saint Jaume.

(Berbagai sumber)

SHARE