Siapa Bilang Cinta Saja Tidak Cukup?

0
34

.Dalam menjalani hubungan istimewa, cinta saja tidak cukup. Seringkah Anda mendengar kalimat tersebut? Selain cinta, dibutuhkan perngorbanan yang tinggi, rasa toleransi, saling memberikan ekonomi secukupnya, menghargai, keterbukaan, kejujuran, dan masih banyak lagi.

Sedikit membingungkan di sini, karena sebenarnya cinta ‘saja’ sudah cukup untuk mempertahankan semua itu. Beberapa orang berpendapat bahwa hanya sang maha kuasalah yang mampu mencintai manusia. Mari kita sejenak mengesampingkan ‘religiusitas’ di sini. Katakan saja, manusia sanggup mencintai atau paling tidak menyayangi seseorang.

Landasan dan logika dasar ‘kasih’ adalah tidak menyakiti orang lain. Bila Anda mengasihi, menyayangi, atau mencintai pasangan, Anda tidak akan tega menyakitinya dalam bentuk apapun, sekecil apapun. Semakin besar rasa sayang Anda terhadap seseorang, semakin besar hal yang bisa Anda lakukan untuk membahagiakannya.

Contoh, Anda bersedia berkorban menahan lapar demi menunggu pasangan pulang kantor demi makan bersamanya. Anda juga mau mengalah mendengarkan lagu yang Anda benci, karena pasangan memutar dan menyukai lagu tersebut.

Masalah keterbukaan, kesetiaan, dan kejujuran pun akan dengan mudahnya Anda lakukan bila Anda benar mencintainya. Anda akan langsung dan selalu memposisikan sebagai dirinya dalam segala situasi. Bertemu dengan mantan kekasih Anda tentu akan membuat pasangan kesal. Suatu hari Anda tidak sengaja bertemu dengan mantan kekasih di suatu pusat perbelanjaan.

Anda tahu kekasih akan tidak suka mengetahui kejadian tersebut, namun ia akan lebih terluka bila Anda tidak memberitahunya dan mungkin justru akan mengetahuinya dari orang lain. Pasangan pasti sangat ingin tahu bila terjadi ‘sesuatu’ pada Anda dan akan sangat menyakitkan bila Anda menyembunyikan sesuatu darinya. Untuk itu, Anda pun langsung memberitahukan pertemuan Anda dengan mantan yang terjadi tanpa disengaja. Sedikit kebohongan akan sedikit menyakitinya. Meski sedikit, Anda tidak mau menyakitinya. Semua karena Anda menyayangi dan mencintainya.

Kasih sayang dapat membuat seseorang melakukan apapun demi seseorang. Intinya, cinta sudah meliputi segala hal yang dibutuhkan untuk mempertahankan hubungan. Hubungan kandas bukan karena ‘cinta saja tidak cukup’, melainkan karena hanya salah satu pihak yang mencintai.

Suatu hubungan akan bertahan selamanya, bila Anda dan pasangan sama-sama saling mencintai. Jika Anda masih merasa cinta saja tidak cukup, maka mungkin Anda belum mengerti dan memahami definisi kasih, sayang, ataupun cinta.

(Berbagai sumber)

SHARE