Get An Upgrade Your Daily Habbits

0
58

.Setiap hari kita selalu dibayang-bayangi oleh berbagai ancaman penyakit dan kuman dari lingkungan sekitar. Menanamkan kebiasan-kebiasan sehat merupakan salah satu langkah bijak untuk mencegah semua ancaman tadi. Dapatkan hidup yang lebih sehat dengan memaksimalkan kebiasaan sehat yang sudah kita lakukan.

Healthy Habit 1: Sarapan setiap pagi

Upgrade: Pastikan sarapan kita terdiri dari tiga kelompok makanan.
Therese?s O?Sullivan dari the Telethon Institute for Child Health Research di Perth, menemukan setiap kelompok makanan padi-padian, susu, buah-buahan, protein, dan sayur-sayuran yang ditambahkan ke dalam menu sarapan anak remaja, akan meningkatkan kesehatan mental mereka. Mereka yang mengkonsumsi tiga atau lebih kelompok makanan tersebut dalam satu kali sarapan, memiliki mood, ketenangan, kestabilan, dan kebahagian yang jauh lebih baik. Strategi ini juga bekerja pada orang dewasa. “Jika Anda memilih sereal dan susu untuk sarapan, tambahkan buah atau biji-bijian. Jika Anda hanya mengkonsumsi roti bakar, tambahkan kacang-kacangan dan jus buah, ” saran O?Sillivan.

Healthy Habit  2: Rutin berjalan

Upgrade: Lepaskan sepatu Anda selama berjalan
“Ketika melepaskan sepatu saat berjalan, kaki kita akan merasakan hasil latihan yang sebenarnya,” jelas Ian Gilbert, peneliti dan health funds officer dari the Reflexology Association of Australia. Bertelanjang kaki akan mengekspos kaki kita untuk merasakan suhu dan tekstur permukaaan yang berbeda-beda. Gilbert juga menambahkan, kebiasaan ini akan menstimulasi sensor refleksologi pada kaki yang bisa membantu menyeimbangkan kesehatan tubuh kita. Pilihlah tempat dimana kita bisa mendapatkan perpaduan permukaan yang panas, dingin, keras, lembut, alami dan buatan manusia.

Healthy Habit  3: Cuci tangan minimal 5 kali sehari

Upgrade: Keringkan hanya dengan tisu toilet
Membiasakan diri mencuci tangan akan menurunkan risiko infeksi sampai 45%. Tapi, hal itu akan sia-sia jika kita menggunakan hot-air-dryer untuk mengeringkan tangan kita. Menurut para peneliti dari University of Westminster di Inggris, 95% dari udara yang keluar dari hot-air-dryer mengandung bakteri. Alhasil, setelah selesai mengeringkan, bakteri pada tangan kita akan meningkat hingga 600%. Sedangkan, tisu toilet bisa menurunkan kadar bakteri sampai 50%.

Healthy Habit 4: Makan banyak sayur

Upgrade: Tambahkan asupan buah juga
Profesor Michael Aviram dari the Rambam Medical Center di Israel mengatakan,  sayuran dan buah-buahan memiliki jenis antioksidan yang berbeda. Jadi dengan menggabungkan keduanya akan memberikan efek ganda juga pada kesehatan kita. Pertanyaanya buah apa yang cocok? James Miller, co-founder dan direktur dari Sumo Salad menyarankan buah apel, mangga, dan pir. Selain memiliki kadar manis yang pas, buah-buah tadi mengandung karbohidrat yang membuat suatu perpaduan yang sempurna dengan sayur-sayuran.

Lakukan tips ini dan dapatkan manfaatnya.

(berbagai sumber)

SHARE