Jangan Biarkan Emosi Merusak Jadwal Olahraga

0
45

.Mood bisa membuat orang jadi malas berolahraga.  Sebaliknya, olahraga ternyata bisa membangun mood menjadi lebih baik
“Banyak orang ‘cuti’ berolahraga saat  mood-nya sedang tak baik,” kata pakar kesehatan mental dan olahraga, Jack Raglin, PhD, di Indiana University. Sebenarnya, kuncinya terletak pada jenis olahraganya. Jika jenisnya tepat, maka suasana hati pun akan membaik.

Ada olahraga yang sifatnya menenangkan, ada juga yang membakar semangat. Nah, sekarang tinggal mengetahui jenis olahraga mana yang sesuai dengan kondisi kita:

Saat Sedang Marah
Sebisa mungkin jangan masuk ke kelas kickboxing , saran Raglin. “Olahraga seperti ini tidak akan bisa mengusir amarah. Lakukan sesuatu yang bisa menenangkan dan mengarahkan pikiran untuk merenung, apa yang sebenarnya membuat Anda marah. Ikut kelas aerobik dan biarkan beragam gerakan yang menghentak itu membantu Anda membebaskan pikiran dari beban yang membuat Anda jengkel.

Saat Sedang Sedih
Beberapa studi telah menunjukkan, olahraga ringan bisa memperbaiki mood. Jadi, bila tak ingin melakukan aktivitas yang butuh banyak energi, lakukan berbagai hal yang bisa Anda nikmati, mulai dari berkebun atau sekadar berjalan-jalan. Anggap ini sebagai rekreasi untuk mental, bukan berolahraga.

Saat Sedang Bosan
Berada di tengah orang banyak bisa menjadi cara yang paling cepat dan mudah untuk mengatasi kebosanan. Demikian juga dengan berolahraga. “Cobalah bermain tenis atau golf. Atau, bergabunglah dengan kelompok orang yang gemar berjalan atau bersepeda. Menikmati udara di luar bersama orang lain akan menyegarkan pikiran,” kata Raglin.

Saat Stres Melanda
Saat otak terasa penat dan diliputi kecemasan, Anda perlu lakukan aktivitas yang tak banyak berpikir. Sesuatu yang dilakukan berulang seperti berenang, berjalan di atas treadmill tidak banyak menyibukkan otak, sehingga bisa sangat efektif dalam mengurangi stres dan meningkatkan ketenangan.

Saat Sedang Bahagia
Suasana hati yang sedang riang pun bisa mengganggu acara latihan, seperti halnya kala kita sedang sedih. Terutama, jika selama ini Anda merasa jadwal olahraga yang dijalani mulai monoton. “Manfaatkan suasana hati yang sedang riang ini dengan menantang diri Anda sendiri. Cobalah berlari lebih jauh atau lakukan satu set tambahan saat latihan beban. Alhasil, Anda akan merasa lebih senang lagi,” saran Raglin.

Jangan jadikan mood sebagai alasan Anda malas berolahraga. Seperti tips di atas, mood bisa diatasi dengan pilihan olahraga yang tepat.

(berbagai sumber)

SHARE