Japan Fashion Week Dibatalkan

0
26

.Dampak gempa bumi dan tsunami Jepang Timur yang terjadi Jumat lalu memang terasa bagi seluruh warga di berbagai daerah Jepang. Japan Fashion Week (JFW) yang merupakan agenda tahunan yang akan dilaksanakan di Tokyo, terpaksa dibatalkan karena beberapa kekhawatiran tentang kekurangan listrik dan transportasi yang tidak memadai. Pembatalan ini secara otomatis juga menyebabkan Tokyo Collection Week tak dapat dilaksanakan.

Panitia JFW mengaku sangat meyesal terhadap pembatalan mendadak yang merugikan banyak pihak, namun tampaknya seluruh warga memang sedang berduka cita dan tidak etis jika acara besar ini tetap diselenggarakan. Karena kondisi di wilayah Jepang sangat bervariasi, maka tingkat produksi mereka juga berbeda-beda. Namun meskipun sedang dalam masa sulit, pihak panitia JFW akan tetap berupaya kuat untuk mendapatkan produk-produk fashion yang hebat agar mereka dapat menyusun strategi untuk menampilkannya di lain waktu. Untuk isi koleksi, panitia JFW juga berniat membuat web sebagai sarana untuk menyediakan koneksi lebih bagi masyarakat sehingga berbagai informasi tetap mengalir ke masyarakat meski mereka tak dapat hadir untuk menyaksikan pagelaran.

Hal ini mengingatkan kepada New York Fashion Week (NYFW) yang pernah dibatalkan setelah peristiwa September 2011 terjadi. Namun dari perspektif industri fashion, peristiwa nasional seperti ini adalah suatu hal yang dapat mengubah kontur-kontur pemikiran publik. Mengingat Jepang adalah negara yang kuat dengan tingkat produksi yang menjulang, mungkin awalnya agak mengagetkan bagi mereka karena terjadi pergeseran yang drastis, namun sekarang ini masih terlalu dini sehingga belum dapat dipastikan seberapa besar pengaruhnya. Ketika proses pemulihan berjalan lancar dan akhirnya Jepang dapat melaksanakan kegiatan fashion ini, tampaknya para seniman Jepang yang super kreatif akan membuat busana-busana menakjubkan yang terinspirasi peristiwa ini.

Mari kita doakan yang terbaik, semoga Matahari Terbit segera kembali.

(Berbagai sumber)

SHARE