Piyu, The Man With a Thousand Dreams

0
50

.Tidak ada satupun yang bisa menghentikan Piyu untuk bermimpi. Sukses bersama Padi dan juga memproduseri beberapa band dan musisi baru, sekarang Piyu mulai mengembangkan salah satu mimpinya dalam sebuah buku. Life, Passion, Dreams and His Legacy (The Inside Out), adalah judul buku pertama Piyu. Ini bukan sebuah buku biografi, melainkan sebuah napak tilas perjalanan Piyu didalam dunia musik. From nothing to something. Ghiboo berkesempatan untuk berbincang dengan Piyu dan membagi mimpi dan harapannya kepada anda.

Here how the story goes
Sebenarnya dari 2003 sudah ada pemikiran untuk membuat buku, waktu itu bukunya lebih kearah biografi. Tapi waktu itu aku berpikir, seberapa pantas sih aku, seberapa layakkah aku. Saat itu belum kepikiran apa yang harus aku tulis, apa yang harus aku ceritakan. Tapi dua tahun yang lalu ketika aku sempat bikin talent search ‘Piyu Search The Next Super Band’ itu aku kepikiran kalau mau bikin buku judulnya Piyu and The Super Band. Karena aku merasa mejadi bagian dari Super Band itu. Aku personil tambahan mereka. Sebagai produser aku ngga cuma ngarahin musik mereka tapi aku menjadi satu. Tapi lalu aku berpikir bahwa ini bukan hanya untuk anak band saja yang baca, harus lebih luas. Buku ini mempunyai benang merahnya di musik sehingga akan membuat orang akan lebih mudah mencerna karena mereka tahu aku karirnya di musik.

Motif dari pembuatan buku ini
Aku pengen sharing yang sudah pernah aku lewati, yang sudah pernah aku alami selama berkarir di musik. Buku ini sebenarnya adalah pendokumentasian, pemaparan perjalanan aku dalam era aku pertama kali kenal musik sampai dengan aku bisa produce beberapa band. Ketika pembaca membaca habis buku ini dalam 2 jam misalnya, mereka bisa mengerti separuh umur saya. Anak-anak muda yang membaca jadi tau ternyata ada yang susah dari kehidupan yang sekarang lebih mudah. Aku ceritain bagaimana ketika aku kerja di bengkel, kerja sebagai cleaning service lalu bagaimana aku menawarkan demo-demo rekaman pada saat itu.

Makna dari sampul dan judul
Sampul ini sebenarnyakan hitam putih. Aku melihat filosofinya bahwa
manusia ada hitam dan putih, ada baik dan buruknya. Aku ingin menjadikan
ini sebagai salah satu bagian dari kejujuran. Setelah membaca buku ini
mungkin juga ada yang jadi ngga suka sama aku. AKu tidak berusaha untuk
narsis dan memberikan pencitraan yang baik aja. Aku ceritain aja bahwa
sifatku seperti ini, keras kepala misalnya.

Pemilihan judul itu dari kakak saya yang juga kebetulan seorang penulis
buku tentang manajemen dan motivasi. Aku minta usul dia aja, ‘mas
enaknya judul bukuku apa yah?’. Lalu setelah dia merenung, aKu kasih
fotonya seperti ini dan dia langsung nulis Life, Passion, Dreams and His
Legacy. Life itu kehidupan kamu, Passion itu passion kamu dimusik,
Dreams adalah impian-impian yang sudah terwujud dan yang masih kamu
impikan, Legacy itu ketika aku masih meninggalkan sebuah kegelisahan
yaitu the next super band setelah Padi itu apa. Sementara (subtitle) The Inside Out itu merupakan apa yang ada dalam diriku, aku ungkapin semuanya.

Proses pembuatan
Buku ini ada 164 Halaman dan dibantu oleh seorang penulis berinisial AH. Awalnya dia menulis kerangkanya lalu menginterview aku setelah itu kita tek-tok via email. Lalu aku nulis bagian-bagian yang aku tau keotentikannya, baru kita ke editor. Jadi alurnya adalah dari penulis ke aku, ke penulis, ke editor ditiap bab. Selain itu aku juga meminta bantuan ke sebuah majalah gitar karena pada bab 4 aku ingin membahas secara teknis mengenai gitar. Ketika bekerja sama dengan Elex Media Komputindo, kami sepakat bahwa ini bukan biografi tapi ini adalah inspiring book. Memang ada bagian dari biografinya, tapi disitu juga ada kiat-kiat menulis lirik, kiat-kiat membuat band dan juga memuat kriteria untuk membentuk suatu super band.

Kenapa super band?
Cerita tentang super band aku rangkum selama aku bersama Padi dan selama aku menjadi produser. Super band harus memiliki beberapa kriteria, diantaranya adalah good performance, good attitude dan good skill. Kalo mereka ingin bertahan dan umur karir mereka panjang ya harus menjadi super band. Kalo hanya ingin menjadi one hit wonder yah ngga usah pake itu. Pake good song aja biar laku. Ketika nanti tercipta banyak band, itu bukan buat saingan tetapi agar musik Indonesia bisa makin lebih kompleks, lebih banyak macamnya. Kalau bisa lebih bagus dari Padi malah aku lebih suka.

Harapan dari buku ini
Harapannya buku ini bisa menginspirasi, bisa sampai maksudnya kepada pembaca yaitu bahwa setiap orang bisa bermimpi dan jangan pernah takut untuk bermimpi dan mimpi ngga ada batesannya. Aku takutnya bangsa ini adalah bangsa yang tidak punya mimpi dan hanya mengikuti alur aja karena sebenarnya mimpi tidak bisa dibatesin seperti itu. Saat ini aku tidak menyangka bisa seperti ini. Hal ini terwujud karena dulu mimpiku kepingin jadi superstar, jadi gitaris superstar. Porsi terbesar dalam buku ini adalah bagian ‘Dreams’ dan aku menyebut diriku adalah The Man With a Thousand Dreams.

Mimpi Piyu setelah ini
Buku ini akan ada turunannya yang berasal dari tiap bab yang ada di buku ini. Tapi kayanya aku akan menulis bab ‘The Musical Effect’ dulu untuk buku selanjutnya. Aku juga masih ingin banyak berkolaborasi dengan artis luar negeri karena hubungan kita (Piyu/E-Motion) dengan Eropa masih lebih kena karena proyek Paris Jakarta Express beberapa waktu yang lalu dan Lebih mudah mencari artis dari Eropa.

Buku Piyu yang berjudul Life, Passion, Dreams and His Legacy (The Inside Out) sudah bisa anda dapatkan di toko buku Gramedia sejak tanggal 25 Januari 2011. Piyu dan pihak penerbit pertamakali mengadakan soft launching buku ini pada 13 Februari 2011 di Lippo Karawaci. Piyu sudah menjadwalkan pada tanggal 31 Maret 2011 akan diadakan grand launching buku ini ditempat yang tidak akan anda duga. Beberapa dari pembaca buku ini mengaku langsung kepada Piyu bahwa mereka merasa terinspirasi setelah membaca buku ini. Buku dari seorang pemimpi yang kini menjadi gitaris, musisi, produser kenamaan di Indonesia. Tidak ada yang bisa menghentikan Piyu untuk bermimpi. Hal ini lah yang coba disampaikan kepada anda. Selamat bermimpi bersama Piyu.

(Ghiboo)

SHARE