Visa Tunggal Untuk Kawasan ASEAN

0
64

.Berkaca dari kesuksesan Eropa dalam menangani urusan wisata melalui ketunggalan sebuah visa, negara-negara anggota ASEAN rencananya juga akan memberlakukan visa tunggal yang memungkinkan para wisatawan untuk menikmati sesi surfing di Bali, berbelanja di Singapura, makan makanan pedas di jalanan Thailand dan kemudian menyeberang ke Kamboja lalu meluncur ke sungai Mekong di Vietnam dengan mudah.

Kalau rencana ini benar-benar dapat terealisasi, maka sangat mungkin sekali para turis internasional akan semakin tergila-gila dengan kawasan Asia Tenggara karena mereka akan dapat meningkatkan pengalaman eksplorasi di wilayah ini.

Program yang masuk dalam Rencana Strategis Pariwisata ASEAN 2011-2015 tersebut merupakan salah satu cara dalam mempromosikan kawasan ASEAN sebagai sebuah tujuan wisata tunggal, serta sebagai salah persiapan dalam menyambut penerapan kebijakan penerbangan ASEAN Open Sky yang dijadwalkan akan mulai berlaku pada tahun 2015 nanti. Strategi ini juga mendapat dukungan dari China, Jepang dan Korea Selatan, tiga buah negara yang akhir-akhir ini terkenal dengan sebutan ‘Plus 3’.

Dengan pemberlakuan visa tunggal yang digabungkan dengan kebijakan langit terbuka dalam sistem penerbangan di kawasan ASEAN, maka daya tarik kawasan ini dapat lebih ditingkatkan sehingga angka wisatawan sebanyak 65 juta yang dicapai ASEAN pada tahun 2010 kemarin akan dapat dengan cepat ditumbangkan. Meskipun terdengar berprospek dan sangat menguntungkan, namun bukan berarti proyek ini tidak memiliki kendala dan hambatan. Situasi yang tegang antara Kamboja dan Thailand serta sikap keras kepala junta militer Myanmar adalah beberapa tantangan yang harus ditaklukkan ASEAN.

(Berbagai sumber)

SHARE