Sejarah Berciuman, Siapa Yah yang Memulai?

0
32

.Beberapa waktu silam, para peneliti menemukan bahwa kenikmatan berciuman adalah ketika bibir dan bibir bertemu, dan ada sebuah lonjakan elektrik yang terjadi, belakangan ini diketahui sebagai lonjakan hormon. Sebenarnya siapa sih yang memulai aksi berciuman ini?

Tak ada yang tahu pasti siapa manusia yang mengawali ciuman, dan tak ada yang mengklaim hal tersebut. Namun yang jelas, berciuman ini sudah ada sejak berabad-abad lalu dengan cerita yang unik dan berbeda-beda.

Romawi Kuno
Di zaman Romawi kuno, ciuman tidak dilakukan dengan kekasih atau keluarga saja. Zaman itu, ciuman merupakan sebuah kegiatan menyapa. Jadi, siapapun orang yang ditemui pada hari itu selalu disapa dengan sebuah ciuman, entah itu tukang sepatu yang ada di pasar, orang asing yang ditemui di jalan, atau orang yang tidak Anda suka sekalipun. Mungkin, pada jaman itu, berciuman bisa disamakan dengan berjabat tangan di zaman sekarang.

Jika dipikir lagi, uuhh… bagaimana mungkin berciuman dengan orang yang tidak dikenal? Well, itulah yang dilakukan jaman dahulu.

Mesir Kuno
Berbeda dengan cerita yang pernah diungkapkan film dan novel, dipercaya Cleopatra sang ratu penakluk hati pria, belum pernah mencium seorangpun. Dalam sejarah Mesir Kuno, seperti dikutip dari buku Seni Berciuman karangan Nick Fisher, berciuman belum dikenal oleh siapapun. Tak ada laporan sejarah yang mengatakan, bahwa berciuman itu pernah dilakukan.

Hmm… jadi, apakah ciuman Cleopatra di film itu hanya sekedar skenario belaka?

Italia
Pada jaman pertengahan, di Italia, disebutkan bahwa apabila ada seorang pria yang berani mencium seorang wanita di depan umum, maka pria itu bermaksud menikahinya. Bisa dibilang, inilah cara para pria pada zaman itu, untuk melamar seorang wanita.

So romantic, untuk itulah banyak orang berpikir bahwa pria Italia adalah pria bertipe romantis.

Naples, abad ke-16
Dahulu di Naples, berciuman merupakan kegiatan yang ilegal dan melanggar hukum. Apabila ada orang yang nekad melakukannya, maka mereka akan dikenakan sanksi hukuman mati.

Di Hartford, Connecticut
Adalah sebuah hal yang dilarang oleh hukum apabila seorang suami mencium istrinya di hari Minggu. Tak diketahui jelas alasan yang sebenarnya, mungkin masih dikaitkan dengan tradisi keagamaan, karena hari Minggu pada umumnya umat Kristiani beribadah.

Indiana
Nah, dari semua sejarah ciuman, mungkin inilah yang paling unik dan lucu. Di Indiana, ada sebuah hukum yang tidak memperbolehkan pria berkumis, mencium seorang wanita. Hal ini dihubungkan dengan masalah higienitas. Kumis dianggap membawa banyak bakteri dan kuman, tidak higienis.

Di Asia
Hingga saat ini, di Asia, ciuman masih dianggap tabu apabila dilakukan di depan umum. Ciuman terasa lebih afdol apabila dilakukan di tempat yang privat. Banyak orang yang menjadi bahan gunjingan, apabila berani berciuman di depan publik. Hal tersebut dianggap melanggar etika dan tidak sopan.

Siapapun yang mengawali berciuman ini, tentunya ia sangat tahu bagaimana manisnya sebuah ciuman. Dan kita patut berterima kasih kepadanya.

(berbagai sumber)

SHARE