Tata Krama Berbicara di Telepon

0
53

.Telepon merupakan alat komunikasi yang penting dan mendasar dewasa ini. Permasalahan penting dan mendadak bisa langsung disampaikan hanya dengan menelepon. Bagaimana bila Anda sedang di kamar mandi atau di tempat yang cukup jauh, sehingga tidak bisa mendengar dan tidak bisa mencapai telepon berdering?

Anda perlu mengajarkan si kecil untuk mengangkat telepon dan tata cara berbicara ataupun menerima pesan dari sang penelepon. Untuk pembuka, ajarkan si kecil mengucapkan “Halo. Anak pak/ibu Hermawan di sini. Dengan siapa saya bicara?”

Bila penelepon mencari Anda, anak harus mengatakan Anda sedang tidak berada di tempat atau keluar. Selalu sediakan secarik kertas kosong dan pensil di sebela kotak telepon. Untuk anak yang sudah bisa menulis, minta dia menuliskan nama dan nomor telepon sang penelepon, pesannya dengan jelas dan kepada siapa harus disampaikan. Catat juga jam berapa orang tersebut minta ditelepon balik oleh Anda.

Bagi anak yang masih sangat kecil dan belum bisa menulis, minta saja ia menanyakan nama penelepon. “Maaf, saya belum bisa menulis. Nama bapak/ibu siapa? Nanti saya sampaikan ke bapak/ibu saya,” begitu caranya.

Setelah selesai mencatat pesan, katakan terima kasih, selamat malam atau pagi, siang atau sore dan tutup telepon. Selalu tanyakan, apakah ada yang menelepon ketika Anda sudah sampai kembali di rumah atau ketika Anda selesai mandi. Anak cenderung lupa akan sesuatu hal, karena belum bisa fokus.

Biasakan anak berbicara sopan di telepon sesuai logika sejak dini.

(Berbagai sumber)

SHARE