5 Makanan-Minuman yang Katanya Sehat

0
39

.Kita sering menyangka kalau makanan yang kita konsumsi sehari-hari sudah memenuhi syarat gizi dan kesehatan. Padahal, kalau saja seorang ahli nutrisi diminta untuk menilainya, mungkin mereka akan mengatakan: “Tidak. Makanan Anda cuma katanya sehat.” Apa maksud istilah “katanya sehat”? Inilah penjelasannya.

Soda Diet ? Memang sepertinya ini adalah cara terbaik untuk memangkas kalori dan gula ke dalam tubuh kita. Namun, studi menunjukkan bahwa peminum soda diet justru lebih berat badannya ketimbang peminum soda biasa.

Seringkali, karena kita pikir itu soda diet, maka kita meminumnya dua kaleng sehari. Tahukah Anda bahwa dua kaleng sehari berarti menaikkan risiko obesitas sebesar 57%. Bandingkan dengan sekaleng soda biasa yang “hanya” menaikkan risiko obesitas sebesar 46%.

Soda diet dapat menghilangkan pola selera makan alami Anda, sehingga akhirnya Anda justru semakin ingin makan makanan yang manis-manis. Soda diet juga membuat kita berpikir “Tidak apa-apa makan makanan tinggi kalori karena diimbangi dengan minum soda diet.”

Kue-kue kering –  Kue kering dalam kemasan biasanya menerakan label “bebas lemak”. Terlihat seperti camilan yang baik, ya? Tapi kita harus ingat, bahan pembuat kue kering tersebut adalah tepung terigu yang telah diolah, sehingga kandungan vitamin dan antioksidannya hilang. Lagipula, kue kering juga terlalu padat kalori. Satu kemasan ? kg setara dengan 24 potong roti tawar.

Lumpia isi bayam ?  Yang jadi masalah adalah kulit pembungkusnya. Kulitnya terbuat dari tepung terigu yang diberi pewarna hijau. Dengan kata lain, vitamin A dan C yang harusnya ada dalam bayam segar menjadi hilang karena zat pewarna ini. Belum lagi kandungan kalorinya. Satu cangkir bayam masak mengandung 65 kalori. Sedangkan lumpia berisi sayur bayam mengandung 105 kalori lebih banyak dibandingkan bayam biasa. Dengan begitu, hidangan ini sudah tak bisa lagi disebut sayuran. Tetapi, sudah dianggap sama seperti ayam goreng, keju dan daging asap.

Blueberry scone ?  Meskipun buah beri bebas lemak, tapi kue blueberry scone mengandung  400 kalori (setara dengan kalori 1 kali makan besar) dan 50% asupan lemak jenuh dalam sehari. Buah beri yang sudah dibuat bluberry scone tidak lagi dihitung sebagai buah dan sama sekali sudah tak mengandung serat yang berguna bagi diet.

Air bervitamin – Airnya memang bervitamin, tapi tiap botolnya mengandung lebih dari 200 kalori (50 kalori per gelas atau per sajian, 1 botol untuk 4  gelas). Padahal, satu gelas saja sudah bisa menambah berat badan hingga 9 kg, bila kalorinya tak segera dibakar.

Ingatlah pepatah lama, “Semua yang berkilau itu belum tentu emas”. Jadi, makanan yang terlihat sehat itu belum tentu sehat pula.

(berbagai sumber)

SHARE