Gaya Belajar Aktif atau Pasif?

0
57

.Anak yang aktif dan pasif tentu akan berbeda dalam mempelajari sesuatu. Bukan kapasitas pengetahuan yang dapat diserapnya, namun lebih kepada caranya menyerap informasi-informasi terbaru.

Anak yang aktif jelas akan lebih aktif dalam belajar. Dia tidak akan mau duduk diam dengan manis saat Anda membacakannya sebuah cerita dari buku. Biarkan dia berdiri dan memperagakan tokoh yang yang sedang Anda ceritakan. Selain fisik, kemampuan motorik sang anak juga berkembang dengan sangat baik. Tidak sulit untuk mengetahui apa yang dia sukai dan apa yang menarik perhatiannya. Ia akan langsung mengatakan atau menunjukkannya pada Anda. Biarkan dia ‘membimbing’ Anda kepada hal-hal yang dia sukai. Anda cukup menjaga dan mengawasi agar si kecil tidak keluar dari jalur yang benar.

Kebalikannya, anak pendiam akan lebih pasif dibanding anak yang aktif dalam belajar. Mungkin ia akan terlihat seakan-akan tidak menikmati lingkungan di sekitarnya, namun sebenarnya ia mencerna segala sesuatu di sana. Bacakan dia buku. Dia akan duduk diam mendengarkannya, karena ia menyukainya! Anak ini akan mudah menerima informasi baru melalui ndera perasanya, seperti indera pendengaran, sentuhan, ataupun melihat. Tidak seperti anak aktif, Anda harus menanyai bagaimana kegiatannya selama di sekolah dan usahakan selalu cari cara untuk dapat melibatkannya dalam aktifitas-aktifitas.

Ada juga beberapa anak yang merupakan gabungan dari kedua sifat di atas, yakni aktif sekaligus pendiam. Secara fisik mungkin si kecil aktif, namun ia juga suka dibacakan cerita. Ibaratnya, ia suka merasakan padang pasir yang tenang, namun juga menikmati kegiatan memercikkan air.

Anda harus bisa ‘membaca’, termasuk yang manakah anak Anda dalam belajar? Tipe aktif, pendiam pasif, atau berada di tengah-tengahnya? Anda hanya harus menyeimbangkan diri dengannya. Bila ia aktif, Anda harus sedikit ‘pasif’ dan mengontrolnya. Untuk anak pasif, Andalah yang harus aktif. Begitu pula untuk anak yang berada di tengah-tengah, Anda pun harus bisa bersikap setengah aktif dan setengah pasif padanya. Lakukan ini agar kegiatan belajarnya dapat berjalan maksimal.

(Berbagai sumber)

SHARE