Kisah Kelam Peradaban Opium di Thailand

0
66

.Berkunjunglah ke Hall of Opium di Chiang Rai untuk melihat berbagai efek yang telah ditimbulkan oleh bunga poppy, bunga cantik yang memabukkan.

Tertoreh di sepanjang dinding terowongan dengan penerangan yang remang-remang, seperti kisah panjang peradaban umat manusia, Anda dapat menemukan berbagai lekuk wajah dalam pose tersiksa dan berkerut, dengan mata yang membangkitkan perasaan takut dan penuh penderitaan. Pahatan wajah lainnya memperlihatkan sosok wajah yang seolah tampak jauh di awang-awang, antara sadar dan tidak sadar. Pahatan ini adalah sebuah bentuk perkenalan yang dramatis dari museum pengetahuan yang berlokasi di Thailand.

Jalur terowongan akan membawa Anda dalam kelamnya  jantung Segitiga Emas yang legendaris, wilayah perbatasan Thailand, Laos dan Myanmar yang pernah menjadi lokasi kekuasaan para penyelundup narkoba dan warlords.

Dari terowongan, Anda kemudian akan dibawa menuju ruang lapang dengan cahaya yang terang yang menampilkan segala hal yang perlu anda ketahui tentang opium poppy dan bagaimana sebuah obat candu diciptakan. Bahkan Anda dapat menjumpai sebuah taman kecil yang berada di dalam teralis kaca yang penuh dengan bunga poppy.

Melalui panduan informasi yang disediakan oleh pihak musium, Anda dapat mengetahui bagaimana sejarah dan perkembangan opium dari zaman ke zaman, dari mulai digunakan sebagai obat tidur oleh Firaun Mesir hingga penggunaan candu dalam ranah medis sebagai penghilang rasa sakit di abad 18 dan 19.

Perjalanan di musium juga akan membawa Anda menuju berbagai fakta mengejutkan, seperti produksi obat batuk sirup heroin di tahun 1898, kedatangan kapal Inggris di tahun 1700’an yang berujung pada tragedi Perang Candu di Cina, koleksi fotografi yang dihiasi oleh para pecandu narkoba, hingga koleksi suara para mantan pecandu narkoba yang menceritakan kisah pertempuran mereka dengan obat-obatan.

Perjalanan Anda akan berakhir di aula refleksi, sebuah ruang tenang dan dipenuhi dengan kutipan dari para tokoh agama, filsuf terkenal, dan para pemimpin dunia yang mengingatkan kembali akan nilai-nilai kehidupan. Sungguh sebuah penutup yang menggugah setelah menempuh terowongan kegelapan aula narkoba.

The Hall of Opium
Moo 1 Ban Sop Ruak
Tambon Wiang
Amphoe Chiang Saen
Chiang Rai 57150
Thailand
Tel: +66 (0) 5378 4444-6

(Berbagai sumber)

SHARE