Obat Kumur Sebabkan Kanker mulut?

0
33

.Banyak jalan yang bisa kita tempuh untuk memperoleh nafas yang selalu segar, salah satunya dengan berkumur menggunakan mouthwash (obat kumur). Tetapi ada yang mengatakan penggunaan obat kumur secara berlebih dapat memicu terjadinya kanker mulut dan tenggorokan. Benarkah?

Pada dasarnya yang salah bukan obat kumurnya, melainkan kandungan alkohol yang ada dalam obat kumur itu sendiri. Sama halnya dengan minuman beralkohol, kandungan etanol dalam kedua cairan tersebut ternyata dapat memicu kanker mulut.

Mengapa? Sebab ketika kandungan etanol dalam alkohol mengenai mukosa mulut, maka etanol mampu merubah sel mukosa rongga mulut dan diduga hal tersebut yang menjadi pemicu tejadinya kanker mulut.

Tidak hanya itu, metabolisme etanol yang dilakukan oleh flora normal yang terdapat di dalam rongga mulut akan menghasilkan asetaldehid yang bersifat karsinogenik.

Selain itu, merokok dan kurangnya penjagaan terhadap kebersihan mulut juga berkontribusi dalam memperbesar risiko kanker .

Namun, kebenaran mengenai obat kumur sebagai pemicu kanker masih diperdebatkan hingga sekarang. Salah satunya, review yang dilakukan terhadap beberapa studi oleh Prof McCoullogh dari Melbourne Dental School yang dipublikasikan Australia Dental Journal pada bulan Maret 2008 yang menyatakan penggunaan mouthwash dapat meningkatkan risiko kanker mulut.

Dan dalam review tersebut juga disarankan agar kita tidak menggunakan obat kumur dalam jangka panjang.

(berbagai sumber)

SHARE