Buat Anak Suka Membaca Buku

0
50

.Buku adalah jendela dunia. Dengan rajin membaca buku, wawasan akan bertambah dan kita menjadi pintar. Itulah sebabnya Anda harus mendorong anak untuk rajin membaca buku. Buatlah agar dirinya menyukai dan mencintai buku.

Membaca buku akan terasa menyenangkan, bila seseorang tahu bahwa pemikirannya mengenai apa yang baru saja dibacanya ingin didengar orang lain. Begitu pula setelah si kecil membaca sebuah buku, tanyakan apa pendapatnya mengenai karakter tokoh A atau tokoh B. Untuk buku ilmiah, diskusikan dengan menyenangkan atau melalui permainan bergambar mengenai nama-nama bagian tumbuhan – misal – yang baru saja dibacanya.

Anda lebih mengenal buah hati dibanding siapapun. Buatlah sebuah buku mengenai keluarga Anda. Anda, pasangan, si kecil, dan kakaknya. Gambarlah sebuah pohon keluarga dengan warna-warna ceria. Tempelkan foto asli anggota keluarga. Halamam demi halaman merupakan keterangan singkat masing-masing anggota keluarga. Misal, ayah diigambar dalam bentuk kartun. Berikan keterangan umur, tempatnya bekerja, hobinya, dan kesibukannya sehari-hari. Tuliskan dengan kalimat sederhan agar mudah dimengerti anak-anak. Bila si kecil menyukai bunga. Gambar banyak bunga dalam halaman-halaman buku. Bila perlu jadikan bunga sebagai cover buku.

Sekarang ini banyak buku dijual dengan berbagai macam bonus tambahan, seperti DVD, puzzles, atau sticker-sticker lucu. Jadikan bonus-bonus tersebut sebagai bumbu dan pemicu untuk membuat si kecil ketagihan membeli, membaca, serta selalu mencari buku baru untuk dibacanya.

Suka baca buku bukan berarti cupu, kok! Selama hal tersebut diimbangi dengan kegiatan bersosialisasi, anak tidak akan menjadi kutu buku yang tidak memiliki teman karena hanya berkutat dengan buku sepanjang waktu.

(Berbagai sumber)

SHARE