Festival Sepakbola Down Syndrome di Fulham

0
32

.Premier League dan Footbal Aid mengadakan festival bagi anak-anak penderita Down Syndrome, dalam rangka Hari Down Syndrome Sedunia (21/3).

Minggu (20/3), kemarin bertempat di fasilitas latihan Fulham, London diadakan kompetisi antar klub sepakbola Down Syndrome se-Inggris.

Kejuaraan ini dibagi dalam dua grup, older (13 plus) dan younger (12 and under). Grup younger dilibatkan dalam pelatihan dasar sepakbola dan di akhirnya diadakan fun match. Sedangkan grup older memainkan round robin dalam format six-a-side. Setiap pertandingan berlangsung delapan menit dan setiap tim bermain enam kali.

Setelah festival, para pelatih tim-tim tersebut mengikuti seminar yang mendiskusikan mengenai teknik pelatihan kepada para penderita down syndrome, bagaimana membentuk tim dan bagaimana membuat lingkungan setempat supaya ikut berpartisipasi.

Patricia James sebagai Down’s Syndrome’s Corporate Manager dan ketua dari DSActive, the Down Syndrome Association’s football programme, menjelaskan mengenai festival ini:

“Ini adalah pertama kali kami menyelenggarakan festival sepakbola nasional. The Premier League Down Syndrome festival diikuti oleh sembilan tim, dari London, Cardiff City, Hereford dan Hull…Atas kebaikan Fulham sebagai tuan rumah, kami bisa membuat turnamen nasional tahun ini. Bagi sebagian besar anak-anak, ini adalah pertama kali terlibat dalam kompetisi, semoga mereka dapat menunjukkan hasil latihannya dalam pertandingan. Kompetisi ini bukan persoalan menang atau kalah, tetapi tentang partisipasi.”

Dengan usainya semua pertandingan yang dijalankan, Charlton Upbeats menjadi nomor satu di league 1 dan Cardiff City Blue Birds di league 2.

(Berbagai sumber)

SHARE