Kuku Panjang Tak Selamanya Cantik

0
86

.Memiliki kuku yang panjang membuat Anda bebas berkreasi dengan berbagai warna cat kuku. Anda juga bisa menambahkan tato kuku atau memberanikan diri mencoba berbagai nail art yang unik serta membuat kuku Anda tampil menawan.

Sudah lama kebiasaan memanjangkan kuku dilakukan para wanita yang ada di seluruh dunia. Bila bentuk kuku Anda bagus, kutikula di pinggir kuku lembut, ditambah pewarna kuku yang cocok dengan busana Anda, maka akan terkesan cantik dibandingkan wanita yang memotong kukunya dengan rapi tanpa polesan apapun.

Tampil cantik dan seksi dengan modal kuku panjang boleh saja Anda lakukan. Hanya saja Anda harus tahu ada bahaya kesehatan yang mengincar jika tidak berhati-hati dalam menjaga kebersihan kuku tangan. Bagaimanapun juga, Anda memakai jari-jari tangan sebagai media yang paling sering berhubungan dengan anggota tubuh lain.

Dr. Shelly McNeil, MD seorang ahli penyakit infeksi dari Dalhousie University in Halifax, Nova Scotia, menegaskan bahwa pemilik kuku dengan panjang lebih dari 3 cm, berpotensi lima kali lebih besar membawa bakteri pesky pathogens yang dapat menyebabkan berbagai infeksi.

Menyeramkan bukan? Di balik kuku cantik Anda, ada bahaya kesehatan yang mengincar. Untuk menyelamatkan kesehatan Anda, Dr. McNeil memberikan saran yang mudah agar aman dari incaran bakteri pesky pathogens.

1. Selalu rajin mencuci tangan Anda dengan sabun dan air bersih yang mengalir. Terutama jika Anda baru saja memegang peralatan bersama, seperti troli belanja, pegangan pintu toilet, peralatan olahraga dan lain sebagainya. Sekalipun Anda tidak akan makan, selalu rajin mencuci tangan bila kuku Anda panjang.

2. Jika sulit menemukan air bersih dan sabun, pakailah pembersih tangan dalam bentuk gel yang mengandung alkohol untuk mematikan bakteri.

3. Bila Anda terluka di sekitar kuku, maka segera bersihkan luka Anda dengan alkohol dan beri obat luka. Jika perlu, potonglah kuku Anda hingga luka sembuh agar tidak memperbesar risiko terkena infeksi.

Kuku tidak hanya dirawat agar tidak mudah patah dan selalu berkilau. Menjaga kesehatan kuku juga WAJIB Anda lakukan. Siapa sih yang mau punya kuku panjang tetapi tidak sehat?

(berbagai sumber)           

SHARE