Mengapa Si Kecil Suka Menggigit?

0
59

.Anak-anak, bayi khususnya, sangat suka menggigit. Hal ini seakan menjadi kegiatan mereka sehari-hari. Meski berbahaya dan menyakitkan untuk anak lain, menggigit adalah suatu bentuk perkembangan normal dalam tingkah laku bayi ataupun balita.

Menggigit sering hanya menjadi suatu fase atau tahap yang akan berhenti dan dilewati begitu saja oleh si kecil. Menurut T. Berry Brazelton, M. D., Anak, mayoritas akan menghentikan kebiasaan ini pada usia tiga atau empat tahun.

Frustasi menjadi pemicu utama buah hati untuk ‘mengesahkan’ menggigit seseorang. Dia belum tahu bagaimana bereaksi dengan ‘benar’ saat merasa emosinya dipojokkan. Contohnya banyak. Bisa saja ia marah, karena anak lain mengambil mainannya. Bisa juga dia hanya merasa lelah atau berusaha mendapatkan perhatian saat Anda sibuk berbincang-bincang dengan teman. Hal lain yang kerap menjadi alasannya menggigit adalah karena ia mengalami sakit gigi.

Mengetahui si kecil menggigit, Anda harus menghentikan ini dengan mengatakan, “Kamu tidak boleh menggigit temanmu.” Arahkan jari atau tangan Anda ke mulutnya, agar ia tidak bisa menggigit. Anda harus menekankan padanya, bahwa menggigit itu tidak baik dan tidak boleh dilakukan, karena hal tersebut menyakiti orang lain.

(Berbagai sumber)

SHARE