Piramida Terbalik Untuk Hanoi

0
37

.Kira-kira bagaimana jadinya kalau sebuah piramida dibangun secara terbalik? Mungkin pertanyaan itulah yang membayangi para awak GMP Architects saat mereka mendesain Musium Hanoi di Vietnam. Kini kota Hanoi yang berpenduduk sekitar 6.5 juta jiwa dan merupakan ibu kota bagi Republik Sosialis Vietnam tak hanya sekedar memiliki sebuah bangunan musium baru, namun lebih dari itu, mereka memiliki sebuah bangunan penanda kota dengan desain yang mempesona luar biasa.

Di antara kelamnya malam, dalam pijar lampu dan binar bintang serta cahaya malam, museum ini tampak seperti mengapung di atas kolam. Sementara di sekitarnya tampat hamparan taman yang tertata dengan rupawan tampak menonjol di bawah bangunan, serta pemandangan indah kolam air dan halaman luas bergaya old Hanoi berfungsi sebagai area pameran luar ruangan.

Musium seluas 30 ribu meter persegi ini menyisakan akses masuk di keempat penjuru ruangan, dimana para pengunjung dapat menjelajahi lantai pertama hingga ketiga yang sepenuhnya didedikasikan untuk kepentingan pameran melalui sebuah tangga datar berbentuk spiral yang menawarkan perspektif unik terhadap pintu masuk dan aula area pameran. Sedangkan lantai empat di Musium Hanoi ini juga dapat berfungsi sebagai ruang konferensi, ruang penelitian, kantor, dan perpustakaan.

Kini Hanoi tak perlu malu-malu lagi karena telah memiliki sebuah piramida yang tak hanya unik dengan bentuknya yang terbalik, namun juga telah membawa angin segar, pencerahan, dan harga diri bagi bangsa semanis Vietnam.

(Berbagai sumber)

SHARE