Tenangkan Bayi Rewel Dengan Makanan Sebabkan Obesitas

0
51

.Penyebab anak menjadi gendut dan mengalami obesitas bukanlah semata-mata karena faktor genetik yang menurun dari orangtuanya, namun lebih dikarenakan Anda – sebagai orangtua – membiasakannya makan berlebihan.

Secara tidak sadar, Anda menjadikan makanan sebagai alat atau senjata ampuh untuk menghentikan tangisan si kecil. Ketika dia marah, menangis, sedih, bosan, lelah, dan mengalami segala emosi lainnya, Anda pun mengambil jalan pendek untuk mengatasinya.

Tidak mau repot dan bersusah payah lebih lanjut, Anda memberikannya makanan. Cara ini memang cukup berhasil untuk mengatasi pergolakan emosi si kecil. Masalahnya, bila diteruskan, hal ini akan menambah berat badannya secara bertahap dan menciptakan obesitas padanya dengan kebiasaan makan setiap kali hati merasa tidak enak. Anak pun akan mulai ketagihan dengan makanan dan merasa bahwa makanan adalah jalan keluar satu-satunya dari seluruh masalah. Hentikan kebiasaan ini!

Kebiasaan memberikan makan untuk menenangkan si kecil yang masih bayi hingga berusia satu tahun akan menimbulkan obesitas pada saat ia mencapai usia enam tahun. Hal ini telah dibuktikan dalam studi Preventing Obesity During Infancy.

Jika Anda tidak ingin anak mengalami obesitas pada umur enam tahun, maka carilah cara atau pengalih perhatian lain untuk menenangkan dirinya yang sedang rewel ketika masih bayi. Mainan, contohnya. Sibukkan dia dengan segala macam mainan yang mendidik.

Alih-alih sibuk makan, ia akan sibuk bermain yang nantinya akan membantu perkembangan tubuhnya.

(Berbagai sumber)

SHARE