Tingkatkan Kemampuan Menulis Anak

0
45

.Bagi beberapa anak, menulis adalah sebuah mimpi buruk. Sulit sekali! Kemampuan motorik yang baik dibutuhkan di sini untuk dapat mengontrol atau mengendalikan gerakan kecil yang tepat, yang dilakukan oleh jari, pergelangan tangan, dan telapak tangan secara bersamaan.

Kemampuan tersebut harus sudah dikuasai si kecil sebelum ia mampu menulis dengan baik dan benar. Cepat lamabatnya kemampuan ini bervariasi pada anak yang berbeda. Beberapa anak sudah terampil menggunakan tangannya pada usia 2-3 tahun, beberapa anak lain mungkin baru akan berkembang saat sudah berumur 5-6 tahun atau lebih.

Koordinasi antara mata dan tangan sudah mulai muncul pada usia-usia awal. Si kecil harus bisa menyempurnakan kerjasama itu untuk memperoleh kemampuan menulis. Lakukan dengan latihan berulang pada gerakan-gerakan tertentu. Biarkan otak dan otot bekerjasama layaknya sebuah tim.

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk memicu fasihnya si kecil dalam menulis. Minta buah hati melakukan banyak ‘tugas’ motorik, seperti bermain menempatkan balok-balok kayu ke papan berlubang. Bisa juga dengan menancapkan ‘paku’ penyangga bola golf pada styrofoam. Cara lain adalah dengan memasukkan batu kerikil pada tabung kecil dan memindahkan benda-benda kecil seperti koin, kancing, ataupun manik-manik dari satu kontainer ke kontainer lain. Minta anak memindahkan manik-manik tersebut menggunakan telunjuk dan ibu jarinya.

Memegang dan menggenggam pensil haruslah tepat. Jari telunjuk, tengah, dan ibu jari adalah tiga jari utama yang digunakan. Pensil harus diletakkan dan dipegang bersamaan secara imbang menggunakan ketiga jari tersebut. Letakkan pensil tepat di tengah-tengah ibu jari, di sisi kiri jari tengah, dan di ujung jari telunjuk.

Keseimbangan jari-jari dan kerjasama antara mata dan jari menjadi kunci sukses anak dalam menulis.

(Berbagai sumber)

SHARE