Ampuhkah Yoghurt Lancarkan Pencernaan?

0
55

.Sejumlah penelitian mengklaim bahwa probiotik memiliki dampak terhadap hidup sehat. Konsumsi probiotik seperti yogurt secara teratur akan membantu melancarkan pencernaan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Hasil studi-studi itulah yang sering dijadikan slogan dalam iklan dan kemasan produk oleh sekitar 800 perusahaan. Untuk membuktikannya, Pusat Keamanan Makanan Eropa telah melakukan uji terhadap ratusan makanan mengandung probiotik.

Hasilnya mengejutkan. Dalam proses pemeriksaan lembaga independen, ditemukan produk tersebut sama sekali tak memiliki pengaruh terhadap keseimbangan pencernaan atau meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Badan otoritas pangan Eropa menyatakan segera menindaklanjuti hasil temuan mereka. Dalam waktu dekat, seperti dikutip Genius Beauty, pusat keamanan makanan Eropa akan melarang produsen untuk menggunakan label yang menyantumkan bahwa makanan yang mengandung probiotik tergolong sehat.

Dalam sejumlah penelitian terdahulu, bakteri baik dalam yogurt meningkatkan gerak peristaltik sistem pencernaan dengan merangsang produksi mucins yang memisahkan nutrisi untuk perbaikan jaringan. Bakteri di usus membantu produksi vitamin B untuk meningkatkan efisiensi sistem saraf.

Probiotik dalam yogurt juga memperbaiki keseimbangan flora ramah di daerah urogenital, mengurangi risiko infeksi kandung kemih atau vagina. Namun probiotik alami mudah rusak oleh faktor-faktor seperti pola makan yang buruk, stres, alkohol, fluktuasi hormon, rokok, operasi dan obat-obatan.

Jadi, jangan tertipu lagi dengan ‘manisnya’ iklan yang mengatakan lancarkan pencernaan dengan mengkonsumsi yoghurt.

(berbagai sumber)

SHARE