Bordeaux, please…

0
29

.Kota Bordeaux makin mengkilap setelah menjalani serangkaian makeover yang menakjubkan, dan daerah-daerah kebun anggur penghasil wine terbaiknya pun tampak bersuka cita menyambut para pelancong dari seluruh penjuru dunia. Selamat datang di Mekah industri wine dunia.

Kota pelabuhan di sebelah barat daya Perancis ini tak hanya sekedar bangga karena memiliki Chateau Margaux dan kawan-kawannya yang telah memompa perekonomian Bordeaux sejak abad ke-8, namun juga berkat kekayaan budaya yang dimiliki kota ini, yang terbukti dengan pujian dari UNESCO sebagai kota dari abad ke-18 dengan koordinasi urban dan arsitektural yang paling menawan.

Satu dekade yang lalu, wajah kota Bordeaux mungkin tak semanis seperti sekarang. Namun lihatlah kota Bordeaux hari ini. Kota tua yang rupawan, dengan bisnis dan bangunan yang menawan, namun dapat begitu cepat bersinergi dengan segala unsur kemudaan, termasuk kereta trem modern yang setiap hari melintasi jalan-jalan di alun-alun utama, kemudian melintasi halaman Grand Theatre karya Victor Louis yang tampak begitu kokoh dengan deretan pilar bergaya Corinthian-nya. Dan tepat di depan Place de la Bourse, mereka telah menginstal “miroir d’eau” atau cermin air, genangan air paling indah yang bisa Anda temukan di Eropa.

Selepas berjalan-jalan mengelilingi kota, kemudikan kendaraan Anda melintasi kebun-kebun anggur dengan jalanan yang keriput dan bergelombang di kawasan Medoc. Di sana, Anda dapat merasakan aura Bordeaux yang mewah dan penuh kharisma bagai bangsawan tua, dengan jajaran bangunan puri berpagar besi. Sedangkan dari balik dinding batu yang mengelilingi hampir semua kebun anggur, tampak papan nama menatap Anda dengan penuh sukacita. Papan-papan tersebut memperkenalkan diri mereka sebagai Latour, Lafite, Margaux, Pichon, dan  Longueville, beberapa nama paling istimewa yang sekarang merajai industri wine dunia. Tentu saja untuk bisa menyelinap masuk ke dalamnya adalah sesuatu yang hampir mustahil bagi orang biasa.

Namun Anda tak perlu berkecil hati karena beberapa rumah anggur yang belum begitu bisa membanggakan namanya akan selalu bersedia membukakan gerbang untuk kunjungan Anda, dan para Bordelais ini juga akan dengan bahagia menemani Anda menyesatkan diri dalam sejarah dan citarasa anggur Bordeaux yang mempesona.

(Berbagai sumber)

SHARE