Buah Hati Tukang Gosip

0
59

.Bergosip menyenangkan. Sayang hal ini tidaklah akan menarik bagi orang yang digosipkan atau dipergunjingkan. Mungkin, hampir semua orang pernah bergosip. Bila anak Anda melakukan ini, Anda tidak boleh membiarkannya dan menganggap hal itu buruk.

Gosip biasanya berisi mengenai hal-hal negatif tentang seseorang atau sesuatu. Bila buah hati suka bergosip, ini sama halnya dia suka menjelek-jelekkan orang lain dan itu bukanlah hal baik yang harus ‘dilestarikan’. Ia bisa dibenci dan dijauhi teman-temannya hanya karena tidak bisa menahan mulut besarnya.

Tanda-tanda seorang anak merupakan tukang gosip sejati adalah bahwa dia sudah pintar memberitahukan hal-hal yang baik dan benar untuk dilakukan kepada orang-orang dewasa. Tidak hanya itu, dia pun mempesona dan dinilai baik di mata para orangtua, guru, dan orang dewasa lainnya untuk menutupi kedoknya sebagai orang bermulut jahat. Anak pintar bersosialisasi, sangat mengetahui berita terbaru mengenai orang-orang yang populer. Pintarnya bersosialisasi membuat dirinya kerap mengadakan pesta dengan mengatur strategi siapa saja yang boleh datang dengan segala alasannya.

Bila Anda mengetahui anak sedang bergosip dengan teman, Anda harus menunggunya hingga ia sendirian. Dekati dia, tanyakan seputar hal tersebut dan minta dirinya meminta maaf pada orang yang telah dia gosipkan. Awasi dan cari tahu bagaimana cara dia meminta maaf.

Untuk menghentikan anak bergosip, Anda harus memberikan contoh baik padanya. Tidak usah membicarakan hal-hal buruk mengenai orang lain padanya atau pada orang lain. Simpanlah untuk diri sendiri. Ajarkan dia cara meminta maaf yang benar dan bila suatu hari buah hati melihat ada seseorang sedang bergosip, ia harus mengatakan bahwa hal itu tidak baik dan orang yang digosipkan tentu akan merasa sangat sedih.

(Berbagai sumber)

SHARE