Cara Cepat Membentuk Otot

0
25

.Membentuk otot sebenarnya adalah usaha untuk mempercepat pembakaran kalori plus memadatkan jaringan-jaringan otot dengan tujuan membuat tubuh kita lebih ringan ketika bergerak. Ringan, sebab metabolisme energi melalui pembakaran glikogen berjalan sempurna.

Tapi sebenarnya menurut Kevin Rail yang merupakan personal trainer dan lulusan dari Manajemen Olahraga California University of Pennsylvania, pembentukan otot tubuh tidak cukup hanya dengan berolahraga. Kita harus melakoninya sebagai rutinitas dari aktivitas yang menjadikan kebugaran sebagai tolak ukur. Dan langkah-langkahnya menurut Rail adalah :

Cara cepat 1 : Pilihlah makanan-makanan sumber  karbohidrat, protein, dan lemak yang sehat. Bukan makanan kenyang sesaat seperti hamburger, kentang goreng, atau daging kaleng. Menu yang seharusnya kita pilih adalah oatmeal, ikan, buah, sayur, plus susu rendah lemak. Pastikan semua makanan ini mudah kita jangkau.

Cara cepat 2 : Beri air yang cukup bagi tubuh. Sebab ketika tubuh tidak kekurangan air maka otot juga selamat dari risiko dehidrasi. Kurangi asupan minuman yang mengandung kafein dan gula atau pemanis lainnya. Sebab minuman ini tidak hanya berkalori tinggi tapi juga memicu terjadinya dehidrasi dalam tubuh. Patokan minimumnya adalah 8 gelas air putih dalam sehari.

Cara cepat 3 : Jangan pernah lupa sarapan agar suplai energi dan nutrisi buat otot sepanjang hari tercukupi. Pilih juga menu makan siang yang kaya akan protein dan karbohidrat kompleks. Jangan juga takut untuk mengemil setiap 2 atau 3 jam sekali. Ingat, pilihlah camilan sehat agar program pembentukan tubuh berjalan maksimal.

Cara cepat 4 : Bentuklah seluruh bagian tubuh agar seluruh jaringan otot, baik jaringan otot dalam maupun luar, ikut terbentuk. Lakukan gerakan seperti sit-up atau squat sebanyak 12 kali untuk 1 set dan lakukan sebanyak 3 set. Jangan karena kita ingin mempercepat pembentukan tubuh jadi lupa beristirahat. Idealnya program pementukan otot dilakukan 3 kali seminggu dengan istirahat sehari setelah berlatih. Ini memberikan kesempatan bagi otot-otot untuk beristirahat. Dan ketika akan dilatih kembali, sudah dalam keadaan siap dibentuk.

Cara cepat 5 : Setiap kali usai berlatih, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih. Boleh juga ditambah dengan seduhan bubuk protein 50-70 gram. Minuman ini akan memperbaiki otot-otot yang kelelahan berlatih dengan cepat dan membuat tubuh lebih bugar.

Coba lakukan tahapan-tahapan ini dan rasakan bagaimana otot tubuh yang padat tidak hanya membuat kita lebih percaya diri, tapi juga membuat tubuh kita lebih ringan. Selamat beraktivitas dengan bugar.

(berbagai sumber)

SHARE