Dibawa ke Rumah Bukan Berarti 'Calon' Menantu, Ma!

0
14

.Tidak ada yang tahu kapan saat yang tepat untuk membawa pasangan ke rumah. Sebenarnya ‘perkenalan ke orangtua’ tidak perlu sekaku itu. Dibuat santai saja. Agar Anda dan pasangan sama-sama tidak memiliki beban.

Bila Anda sudah mengenalkan pasangan sebagai ‘kekasih’, maka keluarga akan menganggap Anda serius dengannya dan hubungan Anda sudah bisa ‘dipastikan’ menuju ke pelaminan. Hindari hal ini.

Anda bisa, kok, berada di tengah-tengah keluarga ditemani pasangan tanpa harus menahan beban label ‘calon pasutri (pasangan suami istri)’. Caranya, ajak pasangan datang ke rumah saat tidak ada acara. Bila orangtua bertanya tentang dirinya, katakan ia adalah teman. Mengajaknya datang ke acara keluarga pun tidak masalah, selama acara tersebut bersifat casual. Acara ulang tahun keponakan, misalnya.

Sikap Anda dengan pasangan juga akan menentukan persepsi dan harapan orangtua. Bersikaplah santai terhadap pasangan. Tidak usah terlalu sweet dan romantis padanya. Perlakukan dirinya bagaikan sahabat. Perhatian namun tidak berlebihan.

Semakin sering pasangan datang, mungkin orangtua akan semakin bertanya-tanya seperti apa sebenarnya hubungan Anda dengannya. Katakan saja, “Kami teman dekat. Saling berteman saja.”

Bila pertanyaan berlanjut dengan alasan pasangan sering bertandang ke rumah, maka jelaskan saja, bahwa lebih baik menghabiskan waktu bermain di rumah daripada harus ke luar rumah buang-buang uang.

Sedikit bercanda, Anda bisa menambahkan, “Kalau di rumah aku mengantuk, kan, bisa langsung tidur. Dia tinggal aku suruh pulang.” Kalimat ini menunjukkan Anda tidak terlalu perduli pada pasangan, meski Anda berdua dekat. Sekali lagi dapat mematahkan imajinasi orangtua tentang keseriusan hubungan Anda dan pasangan. Anda pun terbebas dari beban harus jadi menikah dengannya.

Sering-seringlah membawa teman lawan jenis bermain ke rumah, agar orangtua tidak berharap pada salah seorang di antaranya hanya karena dia adalah satu-satunya lawan jenis yang pernah dan sering Anda bawa ke rumah ataupun acara keluarga lain.

(Berbagai sumber)

SHARE