Dua Anggota FIFA Dipastikan Hadiri Kongres

0
49

.Sekjen PSSI Nugraha Besoes, kemarin sore (22/3) kepada media menjelaskan mengenai hasil rapat panitia yang baru saja selesai.

Tapi sebelumnya ia meng-counter mengenai isu percepatan pemilihan ketua Exco yang katanya akan maju tanggal 10 April. “Isu itu berupaya untuk mengacaukan suasana yang kita siapkan. Tetap tanggal 29 April adalah pemilihan Exco termasuk ketua umum dan wakil ketua umum. Sebab tanggal 10 April ada kongres AFF untuk pemilihan Presiden, Wakil Presiden dan Council Member Asian Football Federation,” ujarnya.

Mengenai rapat tadi, ia menjelaskan tentang kesiapan Kongres dan hadirnya dua anggota FIFA. “Pengprov (pengurus provinsi) di Pekanbaru, Riau telah menyiapkan segala-galanya dan akan dipersiapkan di dua tempat. Satu di hotel Premier, satu di hotel Arya Duta dan kongres dilangsungkan di hotel Premier, Pekanbaru.”

“Khususnya nanti akan hadir dari FIFA, dan tanggal 25 sudah ada di Pekanbaru yaitu dari Presiden Football Federation of New Zealand yang juga merupakan salah satu anggota dari komite asosiasi FIFA dari AFC, dan satu lagi adalah Jeysing Muthiah salah satu dari Official Development Office kuala lumpur yang juga perpanjangan tangan dari FIFA,” sambungnya lagi.

Ia juga menambahkan mengenai syarat pencalonan Komite pemilihan yaitu, “Satu calon harus diusulkan minimal oleh lima suara, tidak boleh dari pejabat pemerintah, kerabat dan pejabat yang ada di organisasi.”

Disinggung mengenai lambatnya sosialisasi PO (peraturan organisasi) yang sebelumnya melalui Tim 8, PSSI telah merumuskan PO yang akan menjadi acuan untuk pelaksanaan Kongres Pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding serta Kongres Pemilihan Exco PSSI 2011-2015, Pak Nugraha menjelaskan alasannya, “Karena kita harus terjemahkan dulu ke bahasa Inggris lalu dikirim ke FIFA dan sudah dikirim ke FIFA tiga hari lalu dan begitu nanti surat dari FIFA sudah keluar. Kita akan sebarluaskan ke seluruh anggota.”

Kongres Pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding akan berlangsung 26 Maret 2011 di Pekanbaru, Riau dan dilanjutkan dengan Kongres Pemilihan Exco (Executive Committee) PSSI 2011-2015 di 29 April 2011.

(Ghiboo)

SHARE