Pesona Tiga Hektar Taman Prasart Vongsakul

0
27

.Jauh sebelum Prasart Vongsakul menjadi seorang pengembang tanah paling sukses di Bangkok, ia telah menjadi seorang pengembang cinta untuk karya seni Thailand. Berawal dari pembelian sebuah vas kecil di sebuah pasar ketika masih kecil, sekarang, sekitar 45 tahun kemudian, ia telah memenuhi mimpinya dengan membuka sebuah musium yang menampilkan koleksi benda keramik Asia dan Eropa, serta patung dan lukisan, namun terutama karya seni bercitarasa Thailand yang diapit oleh taman-taman yang indah. Sungguh sebuah surga dari macet dan penatnya Kota Bangkok.

Didedikasikan untuk pelestarian warisan budaya Thailand, tiga hektar lahan kebun milik Prasart Vongsakul kini lebih dikenal sebagai Prasart Museum, salah satu taman paling menawan di Thailand. Waktu pengembangan dan penataan selama 18 tahun ternyata masih belum cukup menurut bapak dua anak yang kini telah memiliki sebuah kuil kecil Buddha, sebuah rumah bergaya Thailand klasik yang dibuat dengan berdasarkan koleksi milik Museum Nasional Bangkok, sebuah perpustakaan yang dibangun dengan menggunakan kayu jati dan berdiri anggun di atas kolam ikan, serta bangunan bergaya Eropa yang happening di kalangan orang-orang Thailand pada akhir abad 19.

Tak susah untuk menemukan taman berhiaskan kolam ikan, bangunan kuno, serta kuil dan pagoda yang seperti komplek Angkor Wat versi perkotaan ini. Anda hanya perlu menempuh perjalanan beberapa kilometer ke arah timur pusat kota dan Anda akan menjumpai sebuah gerbang mencolok yang tampak ekssotis dengan warna Technicolor-nya, kontras dengan lokasinya yang berada di lingkungan sekitar pinggiran kota.

Museum Prasart ini terbuka untuk umum, namun para pengunjung diharapkan untuk melakukan reservasi terlebih dulu. Biaya untuk memasuki musium yang super menawan ini sekitar 500 Baht (Rp. 143.500). Begitu memasuki area musium, Anda akan disambut oleh seorang guide yang akan memandu para pengunjung dalam tur satu jam yang penuh dengan informasi dan ketakjuban, dan setelah itu Anda akan dibiarkan mengeksplorasi keindahan musium ini.

Meskipun memiliki sekitar 30 staf yang terdiri dari tukang kebun dan pengasuh, Prasart Vongsakul masih sering terlihat berkeliaran di area taman ini, tenggelam dalam kesibukan dan keasyikannya. Aktifitas tersebut biasanya dimulai ketika fajar mulai menyingsing dari paviliun bergaya Cina-nya, sehingga kalau Anda ingin bertemu dan bertukar sapa dengan sosok mengagumkan ini, Anda sebaiknya datang pagi-pagi.

The Prasart Museum
9 Soi Krungthep Kreetha 4-A,
Krungthep Kreetha Road, Bangkapi.
Bangkok, Thailand
Appointment (66-2379-3601)

(Berbagai sumber)

SHARE