Sudah Bisa Naik Sepeda Belum?

0
55

.Bagaimana caranya mengajarkan anak untuk naik sepeda? Mungkin sekarang itu yang sedang Anda pikirkan. Tidak mudah, namun tidak juga susah. Ajarkan cara menaiki sepeda sedini mungkin. Setidaknya setelah si kecil mampu berjalan.

Hal terpenting dalam menguasai kendaraan roda dua adalah menjaga keseimbangan. Bisa berjalan menandakan tubuhnya sudah lebih seimbang dan sanggup meneruskan ke tingkat kesimbangan lain yang lebih sukar, yakni sepeda. Persiapkan dulu buah hati agar memakai peralatan dan pakaian yang dibutuhkan untuk keselamatan fisiknya, seperti helm, decker, kaos lengan panjang, celana panjang, dan sepatu. Semua ini agar kulitnya tidak lecet ketika terjatuh dari sepeda.

Untuk awalan pegangi sepeda roda dua mini dari belakang dan minta anak merasakan keseimbangan dengan menapakkan kakinya ke tanah saat duduk di sadel. Jangan dijalankan terlebih dahulu. Duduk tegak di atas sepeda dengan kedua kaki sebagai penyangga akan membuatnya beradaptasi. Setelah dapat menegakkan sepdea hanya dengan kedua kaki tanpa Anda pegangi, baru berikan ia sepeda roda tiga.

Tempat yang baik untuk berlatih naik sepeda adalah tempat lapang dan luas. Rumah dengan halaman dan tanah luas adalah pilihan terbaik. Jatuh di atas tanah jauh lebih empuk dan ‘nyaman’ dibanding jatuh di aspal. Minta anak menaiki sepeda roda tiga dan mengayuhnya dengan arah lurus, kemudian berbelok-belok ke kanan dan kiri. Bila sudah lancar, saatnya belajar sepeda roda dua.

Pegangi sadel belakang, sementara anak duduk posisi mengayuh di atas sepeda. Dorong pelan sepeda ke arah depan. Minta buah hati mengayuh sepeda tersebut. Ingatkan, bahwa untuk menjaga keseimbangan, sepeda harus terus dikayuh. Lakukan berulang-ulang hingga Anda mendorong sepeda semakin jauh. Lakukan latihan memberhentikan sepeda yang sedang berjalan tanpa terjatuh. Itulah sebabnya saat awal merasakan keseimbangan saat sepeda berhenti dengan kedua kaki di atas tanah, menyangga, adalah penting.

Dukung dan semangati anak agar tidak cengeng dan tidak mudah menyerah saat berlatih. Luka lecet yang didapatnya tidak akan lagi terasa sakit bila dia bisa merasakan nikmatnya angin sepoi-sepoi di kulit ketika sudah berhasil menaiki sepeda.

(Berbagai sumber)

SHARE