Trik Menaikkan Level Fitnes

0
74

.Olahraga sebenarnya bukan sekadar pelengkap program diet kita. Tapi adalah cara kita untuk membuat tubuh tetap sehat secara fisik dan psikis. Karena salah satu esensi manusia adalah bergerak. Jika kita berhasil menanamkan ini dalam alam bawah sadar, pasti akan selalu tertantang untuk menaikkan level olah tubuh kita.

Agar proses kenaikan level ini tak terlihat seperti ujian, ada beberapa trik yang dapat kita lakukan bersama untuk mengubahnya menjadi aktivitas yang menyenangkan. Langkah utamanya adalah menyulap rutinitas yang biasa kita lakukan sebagai aktivitas fisik. Setelah itu, lakukan pengembangannya berdasarkan level fitnes yang sedang dilakukan.

Level Pemula
Buatlah definisi menyenangkan mengenai olahraga. Jangan identikan olahraga dengan berkeringat atau menyiksa tubuh. Dengan begitu, kita akan menjadikan setiap aktivitas fisik yang sederhana seperti jalan kaki 10 menit sebagai bagian dari olahraga. Jika kita hanya sempat melakukan ini dua kali seminggu, jangan langsung menghakimi diri sendiri.

Perlahan, ajak diri sendiri untuk pergi ke gym dan menjajal fasilitas yang mereka miliki. Dan jika memungkinkan, berikan pijatan relaksasi setiap kali selesai berolahraga. Sesi relaksasi inilah yang akan membuat tubuh mengeluarkan morfin alami yang membuat kita selalu ketagihan berolahraga.

Atau jika kita menjadikan kelas menari atau bowling sebagai hobi, tak ada salahnya untuk mengubahnya menjadi aktivitas fisik. Tapi jangan karena penggantian sebutan itu, kita justru menghapus kesenangannya. Misalnya, jangan memaksa diri untuk bermain bowling terlalu lama agar kita benar-benar merasa seperti sedang berolahraga. Ingatlah bahwa tujuan kita adalah membuat tubuh bugar bukan untuk menyiksa tubuh.

Level Dasar
Biasanya pada level pemula, kita akan memilih aktivitas fisik yang bersifat individual. Di level ini, tak ada salahnya untuk “melebarkan” kenikmatan berolahraga kita. Pilihlah olahraga yang beregu. Badminton, tenis, voli, atau basket, bisa menjadi momen yang pas untuk memperbanyak teman sambil berolahraga.

Tapi jika kita benar-benar tidak nyaman berolahraga bersama orang lain, alias hanya menyukai olahraga bersifat individual, cobalah untuk menambah durasi olahraga kita. Misalnya jika kita merasa nikmat jogging sendirian setiap pagi, perpanjang rute yang kita lalui dengan intensitas 2-3 kali seminggu. Atau jika terbiasa aerobik dengan bantuan video, perbanyak koleksi video kita dengan gerakan-gerakan baru.

Level Menengah
Pada level ini, biasanya kita akan fokus pada satu jenis olahraga. Karena kita sudah merasakan manfaat dari berolahraga dan semakin mengerti kebutuhan gerakan-gerakan apa yang bisa menunjang tujuan membakar lemak. Tapi jangan lupa untuk selalu mengingat olahraga sebagai olahtubuh yang menyenangkan. Sebab pada level ini juga kita akan memasuki waktu kritis, mudah sekali merasa bosan dan berhenti berolahraga jika tak berhasil menemukan kesenangan saat berolahraga.

Jika kita suka bersepeda, biasanya level ini akan menggoda kita untuk mengikuti perlombaan sepeda. Agar ada sedikit variasi, sesekali ikuti juga ajang bersepeda pada acara amal. Trik ini akan membuat kita menemukan definisi baru dari olahraga. Bukan hanya membuat tubuh sehat tapi juga ekspresi empati.

Level Ahli
Selamat, level ini akan membuat kita mengerti bahwa menggerakan tubuh adalah untuk meningkatkan kualitas hidup. Artinya kita sudah bisa menyeimbangkan antara olahraga dengan makan sehat. Dan pada level ini, kita akan dengan lantang mendefinisikan aktivitas olahraga sebagai olah fisik yang menyenangkan.

Alhasil setiap kali absen berolahraga, badan kita akan mengeluh dan pikiran kita pun menjadi tidak relaks. Ini adalah gambaran, tubuh dan jiwa kita sudah membentuk sinergitas yang indah. Jangan hanya menikmati manfaat ini sendirian, mulailah ajak orang-orang sekitar kita untuk merasakan hal yang sama. Karena pada level ini, kenaikan level akan ditandai dengan mendaulat diri sendiri sebagai ambassador hidup sehat.

Sebenarnya di mana pun level aktivitas fisik kita saat ini, yang kita perlukan adalah merasa menikmati setiap gerakan yang kita lakukan. Dengan begitu kita bisa mengerti gerakan-gerakan apa yang menyakitkan dan tidak bagi otot-otot kita. Ini yang nantinya membuat tubuh kita relaks hingga kecanduan untuk rutin berolahraga. Enjoy your exercise guys!

(berbagai sumber

SHARE