Cantik di Luar Sehat di Dalam

0
32

.Berbicara mengenai rambut sehat, kita tidak bisa hanya berkutat pada apa yang diaplikasikan di rambut saja, tetapi juga apa yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Jangan sekedar keramas, bilas, ulangi. Dapatkan mahkota yang indah dengan melangkahkan kaki keluar dari kamar mandi dan berjalan ke dapur. Mengapa? Sebab fondasi dari semua pertumbuhan rambut, kulit dan kuku baru, didasarkan dari nutrisi yang kita konsumsi.

Meski kita bisa mendapatkan suplemen kecantikan dengan mudah, tapi sebisa mungkin dapatkan nutrisi yang dibutuhkan langsung dari sumbernya, saran Paradi Mirmirani, MD, dermatology di Vallejo, California.

Bangun fondasi rambut sehat luar dan dalam dengan 5 makan terbaik di bawah ini :

1. Ikan salmon
Kandungan : Asam lemak omega 3, protein, vitamin B 12, dan zat besi.
Khasiat untuk rambut : Asam lemak omega 3 sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala. “Kekurangan nutrisi ini akan menyebabkan kulit kepala kering dan rambut kusam,” jelas Andrea Giancoli, MPH, RD, ahli diet di Los Angeles.

2. Sayuran berwarna hijau gelap
Kandungan: Vitamin A, C, zat besi, dan kalsium.
Khasiat untuk rambut : Bayam dan brokoli merupakan sumber vitamin A dan C yang sangat baik. Kedua nutrisi ini diperlukan untuk memproduksi sebum, yaitu minyak yang diproduksi folikel rambut yang berfungsi sebagai kondisioner alami.

3. Polong-polongan
Kandungan : Protein, zat besi, zink, dan biotin.
Khasiat untuk rambut : Kacang-kacangan seperti, kacang merah dan lentil bisa menjadi bagian penting dalam daftar diet untuk perawatan rambut kita. Kandungan protein akan membantu pertumbuhan rambut. Sedangkan kekurangan asupan biotin bisa rambut lebih rapuh. American Dietetic Association menyarankan kita mengonsumsi 576 gram atau lebih lentil atau kacang-kacangan lain setiap minggunya.

4. Kacang-kacangan
Kandungan : Selenium, asam alfa-linolenat, .
Khasiat untuk rambut : Membuat rambut lebih tebal dan berkilau. Kacang brazil merupakan sumber selenium terbaik. Selenium adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Kacang kenari mengandung asam alfa-linolenat, asam lemak omega 3 yang membantu melembabkan rambut. Dapatkan asupan  dari kacang mete, pikan, dan almon. Kekurangan  akan memicu kerontokkan.

5. Unggas
Kandungan : Protein dan zat besi.
Khasiat untuk rambut : Unggas, seperti ayam dan kalkun merupakan penyedia protein dan zat besi yang baik. Tanpa protein yang cukup kita bisa memicu rambut mudah rapuh dan cepat beruban. Plus, zat besi dalam unggas sangat mudah diserap oleh tubuh.

Pemilhan shampo dan nutri dari makanan akan lebih memaksimalkan keindahan rambut kita. So, let’s eat healthy food ladies.

(berbagai sumber)

SHARE