High Heels: Fashion Atau Bahaya?

0
26

.Siapa sih yang tidak jatuh cinta dengan high heels atau sepatu berhak tinggi? Boleh saja. Tapi sadari juga beberapa potensi bahayanya

Berbagai desainer papan atas berlomba-lomba menciptakan desain variatif untuk high heels, yang harganya menjulang tinggi. Tidak usah desainer papan atas, merek tanpa nama pun juga tidak mau kalah memproduksi high heels dengan harga mulai dari Rp 100.000-an.

Memang betul high heels membuat kaki terlihat lebih indah dan panjang. Para fashion stylist pun seringkali menyarankan kliennya untuk memakai high heels untuk memperoleh penampilan yang maksimal. Tetapi, tahukah Anda akan bahaya yang mengintai dari memakai high heels?

Kaki Anda adalah bagian tubuh yang paling menderita saat Anda memakai high heels. Mengapa? Karena kedua belah kaki Anda dipaksa untuk berjalan pada kondisi yang tidak normal. Bahaya kesehatan yang mengintai adalah kapalan, kaki bengkak atau radang dan stres pada kaki. High heels juga menyebabkan cedera otot kaki, nyeri pada persendian punggung dan sakit pada tulang telapak kaki.

Bila Anda berpikir bahwa permasalahan ini hanya bersifat sementara, maka Anda salah. Bahaya kesehatan ini bisa berkepanjangan, bahkan permanen. Penelitian membuktikan bahwa perempuan bisa menderita nyeri lutut dua kali lebih banyak daripada pria karena pemakaian high heels. Kemudian pemakain stiletto dapat menyebabkan tekanan lutut dan pinggul 25% setiap kali Anda melangkah.

Bukan hanya masalah sepatu berhak tinggi, tapi masalah usia pun bisa menjadi masalah bagi kesehatan kaki Anda. Semakin bertambah umur, semakin kaki bertambah lebar dan panjang. Bantalan kaki di tumit dan ujung kaki pun akan menipis. Saat Anda berjalan dengan posisi normal, kaki dan tumit pun akan bertambah kuat. Namun saat Anda memakai high heels (5 cm atau lebih),  maka kaki tidak bisa menahan beban secara rata dan tidak bisa menjaga keseimbangan.

Oleh karena itu, sebaiknya mulai batasi pemakaian high heels Anda hanya untuk acara tertentu. Dan jangan memakai hak yang lebih dari 4 cm, untuk pemakaian sehari-hari, sebaiknya gunakan sepatu dengan hak 2-3 cm saja.

(berbagai sumber)

SHARE