Jaga Mata Anda Baik-baik!

0
28

.Mata merupakan salah satu indra yang penting dan berharga bagi kehidupan. Antisipasi segala kebiasaan yang berpeluang menimbulkan gangguan pada mata kita dengan solusi yang tepat.

Memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, duduk berjam-jam  di depan komputer, membaca buku, terkena paparan neon buatan dan AC berfilter setiap hari, akan membuat mata kita merasa tidak nyaman.

Interaksi manusia dengan teknologi modern merupakan faktor utama yang membebani kebugaran indra penglihatan kita, jelas Roberto Kaplan OD MEd ilmuwan dan mantan optometris, dalam bukunya, No Glasses.

Memang sangatlah mustahil untuk menghentikan interaksi tersebut. Tapi selalu ada cara sederhana untuk menjaga kesehatan mata. Ingatkan diri untuk selalu mengistirahatkan mata disela-sela aktivitas kita sehari-hari.

Berikut solusi untuk masalah mata yang sering kita alami:

1. Mata sering kering merupakan salah satu tanda mata kita jarang berkedip. Biasanya gejala ini juga disertai rasa nyeri, panas, berlendir, dan mudah teriritasi oleh asap rokok. Sebanyak 85% pasien mata kering adalah wanita menopause. Ini berarti menurunnya kadar hormon estrogen juga bisa berpengaruh terhadap penglihatan kita.

Solusi : Untuk mata kering biasa, kita bisa mengaplikasi obat tetes mata yang dijual bebas. Tapi, jika mata kita kering karena produksi air mata berlebih maka dokter akan menutup saluran air mata di kelopak mata. Hal ini dilakukan agar air mata keluar tidak terlalu cepat dan membuat mata basah lebih lama.

2. Mata sering merah bisa mengisyaratkan berbagai masalah. Selain disebabkan oleh infeksi, mata merah tanpa rasa nyeri bisa jadi pertanda ada gangguan cacingan, TBC, atau alergi. Sedangkan pada mata merah disertai nyeri hebat merupakan petunjuk penyakit kencing manis, rematik, lupus, atau glukoma kronis.

Solusi: Temukan penyebab utamanya terlebih dahulu. Jika diikuti dengan rasa sakit atau nyeri, segeralah periksakan mata Anda ke dokter. Jangan pernah meremehkan gejala mata merah, apalagi yang berkelanjutan.

3. Mata mengeruh menunjukkan adanya katarak yang terkadang disertai sensitivitas terhadap cahaya yang berlebih dan kerap mengalami penglihatan ganda pada objek yang kita lihat. Pertambahan penderita diabetes, juga meningkatkan jumlah penderita katarak. Penyakit mata ini kerap menimbulkan rasa sakit dan nyeri di sekitar mata kita.

Solusi: Operasi. Tindakan ini dilakukan untuk menghancurkan lensa yang telah rusak, menghisap, dan menggantinya dengan lensa yang baru. Dokter belum menemukan obat khusus yang dapat mencegah timbulnya katarak. Kita bisa mencegahnya dengan cara menggunakan kacamata gelap dengan lapisan anti UV untuk menghindari paparan sinar matahari berlebih langsung ke mata kita

Pelihara mata sejak dini, sebelum terlambat.

(berbagai sumber)

SHARE