Paket Lengkap dengan BlackBerry Enterprise Server

0
32

.Kemarin (23/03), Ghiboo mendapatkan undangan media briefing dari Research In Motion (RIM) yang membahas tentang layanan yang sudah dan akan diberikan RIM untuk Indonesia. Negara kita yang berpenduduk lebih dari 230 juta jiwa ini ternyata merupakan pengguna BlackBerry terbanyak se-Asia Tenggara berdasarkan riset yang dilakukan oleh RIM sendiri.

Ada tujuh topik yang dibahas oleh Arum Verma, Platform Evangelist RIM, yaitu:

1. BlackBerry Enterprise Server (BES)
Layanan ini menyediakan perlindungan fisik, manajemen dan pengendalian perangkat, perangkat compliance, distribusi dan pengendalian piranti lunak, dan keamanan transmisi. Untuk memiliki layanan ini, sebuah perusahaan harus mengeluarkan biaya paling tidak US$3000 untuk server, bisa juga lebih. Tergantung besar kecilnya server dan jumlah karyawan yang ingin dijangkau.

Menurut sumber yang dekat dengan RIM, layanan ini baru digunakan oleh Indosat. Provider lainnya belum mempunyai pondasi yang kokoh.

2. BlackBerry Enterprise Server Express

Pada intinya layanan yang ditawarkan sama dengan BES, hanya saja lebih konsentrasi di message, piranti lunak gratis serta bisa dihubungkan dengan Microsoft Exchange.

3. mDaemon Messaging Service

Layanan ini cocok untuk perusahaan kecil yang ingin mengintegrasikan surel dari kantor ke ponsel BlackBerrynya. Untuk mendapatkan layanan ini, perusahaan tersebut harus mengeluarkan biaya US$380 dan mendapatkan 6 lisensi. Jika ingin mendapatkan lisensi yang lebih banyak tentu saja akan mendapatkan harga yang disesuaikan.

4. Cloud-based BlackBerry Enterprise Service

Sebuah layanan BlackBerry Enterprise Server Express yang terhubung dengan Microsoft, sehingga harganya lebih murah. Awalnya pengguna dikenakan $10/ pengguna/ bulan, tapi berkat kerja sama dengan Microsoft, menjadi $0/ pengguna/ bulan.

5. BlackBerry Mobile Voice System

Dengan layanan ini, pengguna BlackBerry bisa memindahkan penerimaan atau panggilan telepon dari dan ke PABX. Jika setiap kantor atau perusahaan menggunakan layanan ini, maka bisa dipastikan akan terjadi pengurangan biaya operasional khususnya rekening telepon.

6. Chalk Pushcast Software

Piranti lunak ini membuat Anda bisa mengirim materi apapun dari komputer ke handset BlackBerry. Seperti materi presentasi, dokumen, video, gambar dan lain-lain. Sangat berguna bagi Anda yang mobile.

7. Social Network: Enterprise Collaboration
BlackBerry Messenger tentu saja berisi dari berbagai tipe kawan, ada keluarga, rekan kerja, teman bisnis. Dengan jejaring sosial ini, Anda bisa menghubungkan teman-teman kerja melalui BBM. Fungsinya sama seperti jejaring sosial lain, Anda bisa meng-update status atau apapun yang berhubungan dengan rekan bisnis.

Semua fitur ini bisa didapatkan bila Anda berlangganan BlackBerry Enterprise Server.

(Ghiboo)

SHARE