Selami Pemikiran Ibu Mertua

0
45

.Berhubungan baik dengan ibu mertua mungkin akan menjadi tantangan bagi Anda yang baru saja menikah. Seperti halnya Anda, ia pun hanya ingin dimengerti dan benar-benar diterima oleh menantunya.

Ketika seseorang menikahi anaknya, ia hanya takut orang tersebut akan mengambil buah hati yang sangat dicintainya. Untuk itu, jangan pernah ‘menyingkirkan’ ibu mertua. Bagaimanapun dirinya adalah orang yang melahirkan pasangan Anda. Menyingkirkannya dari sisi sang anak selamanya, sama saja membunuhnya. Jangan menutup akses ke anaknya sendiri. Biarkan dia terlibat dalam kehidupan sang anak yang sudah berkeluarga. She’s part of the big team too.

Meski bagian dari keluarga, namun jangan selalu merasa, bahwa ibu mertua ingin ikut campur urusan Anda dan pasangan. Inilah yang tidak diketahui, para ibu mertua sebenarnya tidak ingin terlibat dengan urusan rumah tangga sang buah hati dan pasangannya. Jangan pernah menjadikannya ‘wasit’, tim penilai, atau bahkan ‘sekutu’. Anda berdua harus bisa membedakan dan memisahkan. Pernikahan adalah bersifat pribadi dan hanya Anda berdualah yang berhak sekaligus wajib mengurusi hal tersebut, bukan orangtua.

Sama dengan Anda, mertua juga memiliki ketakutan dibenci dan tidak dapat menciptakan hubungan yang baik dengan menantunya kelak. Tidak perlu menganggapnya sebagai sebuah ancaman, karena ia pun tidak menganggap Anda sebagai suatu ancaman. Anda berdua hanya merasa gugup, layaknya berkenalan dengan orang baru. Harapan besar untuk menciptakan ikatan kasih sayang yang kuat justru menciptakan banyak kecurigaan bahwa pihak lain akan menghancurkan mimpi tersebut.

Sebaliknya, bekerjasamalah dengan baik. Puji dirinya. Katakan, bahwa ia telah membesarkan anaknya dengan sangat baik dan untuk itu ia sangat bersyukur bisa menjadi pendamping sang anak seumur hidupnya. Mengakui kehebatan ibu mertua akan membuatnya mengakui pula bahwa Anda adalah suami atau istri yang tepat dan terbaik untuk anaknya.

Ibu mertua adalah sahabat baru, bukan musuh baru Anda.

(Berbagai sumber)

SHARE