Tips Penting Bagi Si Kurus

0
79

.Tubuh langsing selalu menjadi idaman para wanita. Tubuh langsing dianggap lebih cantik dan sedap dipandang dibanding yang kelebihan berat badan. Tapi bukan berarti tubuh langsing, bahkan kurus itu selalu identik dengan kondisi yang lebih baik.

Tubuh kurus nampaknya kurang bermasalah dibanding  kegemukan. Tapi bukan berarti yang bertubuh kurus juga bebas masalah. Untuk yang bertubuh terlalu kurus, beresiko pada sistem kekebalan tubuh, sehingga mudah mengalami infeksi, komplikasi dan lebih lambat sembuh bila sakit.

Otot juga lebih rendah masanya, komposisi rambut, gigi dan kulit pun seringkali kurang ideal. Mereka juga cenderung mengalami gangguan kemampuan mengatur hormon dan melindungi kesehatan tulang, bahkan wanita beresiko tak mengalami menstruasi.

Semua resiko ini bisa dihindari dengan menjaga berat badan yang sehat yang ideal. Untuk anda yang merasa masih terlalu kurus, berikut tips-tips menambah berat badan dengan cara yang sehat dan praktis.

Makanan yang seimbang komposisinya. Disarankan perbandingan berikut, karbohidrat 60 hingga 70 persen, 10-15 persen kalori, dan sedikit lemak. Makanlah makanan dengan kalori lebih tinggi, vitamin, mineral, sebagai pengganti lemak dan gula.

Tambahkan kalori yang bernutrisi dalam setiap porsi makanan. Misalnya, tambahkan telur pada kentang. Tambahkan ayam pada sup, atau keju pada cemilan anda, keju dan telur, serta susu bubuk tanpa lemak dalam sajian sup, dan kentang.

Bila anda mudah kenyang, cobalah makanan kalori tinggi atau sepotong makanan sebagai ganti makanan keseluruhan. Misalnya kismis pengganti anggur, granola pengganti corn flakes, potongan mangga dibanding mangga utuh.

Batasi minum air setengah jam sebelum dan sesudah makan. Minumlah jus campuran beberapa buah. Misalnya apel dan berry, peach, jeruk, pisang, sebagai ganti jus satu jenis buah saja, agar mendapat kalori lebih banyak.

Intinya sayangi tubuh kita apapun bentuknya. Sehat atau langsing tidak menjamin Anda sudah pasti sehat atau banyak mengidap penyakit. Kita harus pintar dalam menjaga berat badan agar tetap ideal.

(berbagai sumber)

SHARE