Empat Aturan Dasar Menyusui

0
26

.Berikut adalah empat hal dasar yang harus dilakukan ibu dan bayi yang baru lahir seputar menyusui. Hal ini harus Anda ketahui agar tidak termakan dengan informasi-informasi salah dalam membesarkan si kecil.
 
Sesuai dengan yang dikatakan Nia Umar, K. L., selaku perwakilan (ketua umum) Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), langkah pertama setelah melahirkan adalah melakukan inisiasi menyusui dini. Ini dilakukan langsung di dada ibu, skin to skin. Susui si kecil selama kurang lebih satu jam.
 
Setelah itu, minta pihak rumah sakit untuk memberikan ‘rawat gabung’ pada Anda dan sang buah hati. Bayi tidak perlu lagi diletakkan di kamar sehat, terpisah dari kamar inap Anda. Bayi yang sehat adalah bayi yang selalu berada dekat dengan ibunya, tentunya dengan rawat gabung tersebut. Bila si kecil diletakkan di kamar yang terpisah dengan Anda, Anda tidak akan mengetahui langsung saat anak menangis kelaparan. Ini akan membuat Anda dan si kecil kehilangan satu masa menyusui. Jangan sampai hal itu terjadi.
 
Kehadiran Anda jauh lebih penting untuknya. Letakkan si kecil dalam jangkauan Anda di kamar yang sama hingga Anda diizinkan pulang ke rumah. Tidur bersama di rumah selama pemberian ASI eksklusif (minimal enam bulan) juga sangat disarankan oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Toh, menyusui akan berjalan lebih mudah bila ibu dan anak sekamar.
 
Lewat masa enam bulan ASI eksklusif, Anda sudah boleh memberikan anak makanan pendamping ASI. Makanan apa yang bisa dikonsumsi olehnya? Apa saja, selama si kecil tidak alergi, Anda buat sendiri (homemade), dan segar. Buatkan si kecil bubur beras, sayur labu, atau buah-buahan yang telah dihancurkan – misal. Campurlah makanan tersebut dengan ASI. Buah hati tentu akan menyukainya. Jangan berikan makanan instan bayi yang sudah tersedia dalam kemasan. Hindari unsur kimia yang dapat masuk ke tubuh anak.
 
Hal dasar yang terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah, bahwa akan lebih baik bila pemberian ASI dilanjutkan hingga usia anak mencapai dua tahun atau lebih. Jangan malas untuk meluangkan waktu ‘berduaan’ dengan si kecil saat menyusui.
 
(Ghiboo)

SHARE