Fira Basuki: Saya dan Spring/Summer Trend 2011

0
27

.Sebagai Pemimpin Redaksi Cosmopolitan Magazine, banyak orang ‘ingin’ melihat saya mengikuti tren mode. Rasanya tidak mungkin saya seliweran ke sana ke mari bak model runway, kecuali para rumah mode atau desainer mensponsori saya terus-terusan, hehehe. Di lain sisi, tidak mungkin juga saya tampil di depan umum tidak terlihat trendi. Bagaimana solusinya? Nah, Anda bisa mengikuti acuan saya untuk tetap tampil modis mengikuti tren, tanpa harus menjadi fashion victim. Dan masih bisa berinvestasi gaya tentunya.

Berikut daftar tren (yang dimuat di majalah Cosmopolitan Maret 2011 lalu) dan tips saya:

1.  That 70’s Show
Lupakan gaya hippies yang berlebihan: celana lebar+bunga-bunga+headband+topi…aduh, Anda mau ke mana? Orang bisa pusing melihatnya. Kalau saya pilih gaya Charlie’s Angels saja. Aman! Pilih busana dengan motif print yang tidak terlalu ‘menyakitkan’ mata atau pilih salah satu dari ini: celana bell-bottoms, bow tie blouse, atau maxi dress. Anda siap in action!

2. Minimalist
Ini gaya yang bisa Anda simpan untuk waktu yang lama. Kuncinya, pilih outfit dengan material dan siluet yang clean dan sleek. Jahitan harus rapi! Untuk warna, pastikan warnanya amat solid dan tidak terkesan luntur. Untuk gaya sophisticated, tiru saja Victoria Beckham.

3. Nature’s Note
Saya bukan penggemar motif flora dan fauna. Apalagi untuk animal prints, saya merasa Anda harus punya keberanian yang cukup besar untuk mengenakan motif macan atau zebra dalam bentuk gaun. Menyikapi tren ini, saya memilih aksesori, seperti syal, gelang, atau ikat pinggang. Sementara kalau mengenakan motif hewan atau bunga, saya pilih yang tidak terlihat seperti motif gorden atau taplak berjalan.

4. Sporty Sprite
Memang dengan tren ini Anda terlihat bugar dan aktif, tapi bukan berarti Anda berpakaian seperti mau ke gym terus-terusan. Kombinasikan warna atau aksi color block yang berani. Misal celana training warna biru dengan atas tank-top metalik.

5. The Enchanted Beauty (nude colors/ merawang/renda)
Hati-hati dengan renda. Anda bisa terlihat feminin, atau terlihat ‘tua’ bak nenek-nenek. Kalau saya pilih jaket renda bergaya modern. Sedangkan mengenai tren warna nude, pastikan warna kecokelatan itu tidak benar-benar sama dengan warna kulit Anda sehingga Anda terlihat pucat atau bahkan ‘telanjang’. Favorit saya warna camel dan saya pilih dress simpel, atau jaket yang bisa saya pakai sepanjang tahun. Kalau Anda tidak mau terlihat membosankan, mainlah dengan detil dan cutting.
Tip lain dari saya adalah: Untuk jaket, atasan, bawahan yang memiliki potongan simpel dan jahitan prima, Anda harus berani berinvestigasi gaya. Sementara untuk sesuatu yang sangat ‘seasonal’ seperti aksesori ‘ajaib’, Anda bisa bereksperimen. Yang Anda perlukan hanya ‘rasa’ dan kepercayaan diri. Intinya, biar dari atas ke bawah semua trendi, kalau Anda jalan menunduk, Anda tidak akan hitz! Satu lagi, bedakan percaya diri dengan angkuh.

Ah, tenang saja. Saya percaya Anda akan baik-baik saja dan looking fabulous. Smile!

(Fira Basuki)

SHARE