Makanan Serat Tinggi Untuk Jantung Anda

0
52

.Makanan yang mengandung serat tinggi ternyata mampu membantu anda untuk diet dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. “Kita sudah lama mengetahui bahwa diet serat tinggi dapat membantu orang menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol dan memperbaiki tekanan darah,” kata Donald M. Lloyd-Jones, seorang profesor di Northwestern University. “Hasil penelitian ini menjadi relevan karena berat badan, kolesterol dan tekanan darah merupakan penentu utama risiko jangka panjang untuk penyakit jantung.”

Makanan yang mengandung serat tinggi bisa anda dapatkan dari alam maupun makanan olahan. Walaupun begitu, makanan alami tetap direkomendasikan bagi anda yang ingin diet dengan makanan tinggi serat. “Sebuah makanan olahan mungkin saja mengandung serat yang tinggi, tetapi juga mempunyai kecenderungan yang untuk mengandung natrium dan kalori yang sangat tinggi pula. Misalnya jika dibandingkan dengan buah apel, yang menyediakan jumlah serat yang sama serat, tapi natrium dan kalori yang lebih rendah”, ungkap Lloyd-Jones.

Untuk penelitian tentang diet serat tinggi ini, para peneliti dari National Health and Nutrition Examination Survey meneliti sekitar 11.000 orang dewasa dengan pola diet, tekanan darah, total kolesterol, status merokok, dan riwayat diabetes yang berbeda dan menggunakan suatu formula untuk memprediksi risiko terkena penyakit jantung. “Hasilnya sangat mengagumkan,” kata Hongyan Ning, penulis utama dan seorang analis statistik di Northwestern. “Anak muda (20-39 tahun) dan golongan paruh baya (40 sampai 59 tahun) dengan asupan serat yang tinggi secara statistik menunjukkan risiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah bila dibandingkan dengan yang memiliki asupan serat terendah”.

Asupan serat makanan yang tinggi tidak terlalu berpengaruh kepada orang dewasa (60-79 tahun) untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Hal ini mungkin terjadi karena efek diet serat memerlukan jangka waktu yang panjang untuk bisa berpengaruh. Sementara orang dewasa mungkin sudah terkena risiko penyakit jantung sebelum mereka sempat memulai diet serat tinggi. Ning mengatakan, “Memulai diet serat tinggi kini dapat membantu anda menghidari risiko terkena penyakit jantung”.

(berbagai sumber)

SHARE